Warga Pertanyakan Keseriusan Pemko Pekanbaru, Pemasangan Kabel Tetap Berlanjut Meskipun Tiang Disegel Satpol PP

datariau.com
943 view
Warga Pertanyakan Keseriusan Pemko Pekanbaru, Pemasangan Kabel Tetap Berlanjut Meskipun Tiang Disegel Satpol PP
Foto: Endi Dwi Setyo
Tampak kabel yang akan dipasang di tiang Jalan Selamat.

PEKANBARU, datariau.com - Penanaman tiang dan kabel jaringan internet masih terus dilakukan oleh sejumlah pihak provider di Jalan Selamat, Labuhbaru Timur. Kondisi ini jelas meresahkan warga, apalagi sebulan yang lalu Satpol PP Kota Pekanbaru telah turun melakukan penyegelan tiang-tiang yang tak berizin alias ilegal dengan menempelkan stiker bertuliskan 'DISEGEL' di tempat yang sama.

Salah seorang warga mengaku geram melihat keberadaan tiang-tiang jaringan internet semakin banyak tumbuh berdiri di Jalan Selamat.

"Pagi ini saya mau ngantarin anak ke sekolah, saya kaget kok ada gulungan kabel baru tergeletak di pinggir jalan dekat tiang-tiang di dekat rumah saya ini. Rupanya gulungan kabel ini masih baru dan terus saya cek sekitar rumah kok ada tiang-tiang baru ditanam. Saya sangat yakin kabel-kabel itu pasti mau dipasang di tiang-tiang yang baru ditanam," kata warga sekitar kepada datariau.com, Senin (13/11/2023) pagi.



Baca juga: DPRD Pertanyakan Pemko Pekanbaru Biarkan Tiang Kabel Ilegal Tetap Berdiri, Korban Sudah Berjatuhan


Warga pun mempertanyakan keseriusan dari Pemko Pekanbaru terhadap maraknya penanaman tiang dan kabel jaringan internet tak berizin yang semakin banyak terpasang di Pekanbaru. Khususnya, di lingkungan masyarakat.

"Padahal baru sebulan yang lalu loh tiang-tiang internet di Jalan Selamat ini baru disegel oleh Satpol PP. Berani sekali mereka ini nanam tiang lagi dan lagi, apa tidak ada tindakan tegas dari pemerintah atau tidak takut ama stiker segel dari Satpol PP. Kalau begini terus mau berapa banyak tiang ini tumbuh berdiri di lingkungan rumah kami? Kami tak mau di kawasan lingkungan kami disini penuh dengan tiang-tiang yang berdiri terus kabel-kabel yang semrawut. Ditambah lagi kemarin ada korban gara-gara kabel melintang di jalan," pungkasnya.

Baca juga: Satpol PP Pekanbaru Dilecehkan, Segel Tiang Kabel Internet dengan Santai Dicopot


Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi I DPRD Pekanbaru Krismat Hutagalung membeberkan fakta terbaru pasca turun dalam penyegelan sejumlah tiang jaringan internet yang tak memiliki izin bersama Satpol PP, DPMPTSP, Diskominfo, Dinas PUPR dan Bagian Hukum Setdako Pekanbaru di Jalan Selamat, Kelurahan Labuh Baru Timur beberapa waktu lalu.

Salah satunya, stiker bertuliskan 'DISEGEL' yang ditempel oleh Satpol PP di beberapa tiang ilegal itu telah dicopot oleh pengusaha provider internet.

"Faktanya adalah setelah seminggu, beberapa tiang itu memang diangkut tetapi tiang-tiang yang lain tetap dipasang dan bahkan mereka mencopot segel itu. Jadi tiangnya tetap dipasang kabel dan stiker segel dari Satpol PP-nya dicopot," kata Krismat, Selasa (17/10/2023).

Baca juga: Warga Jalan Selamat Usir Petugas Pasang Kabel, Komisi I: Pemko Pekanbaru Jangan Tunggu Masyarakat Anarkis


Pasca penyegelan 10 tiang provider internet, Anggota Komisi I DPRD Kota Pekanbaru Krismat menegaskan kepada Satpol PP Kota Pekanbaru untuk serius menertibkan tiang-tiang dan kabel tak memiliki izin yang banyak berseliweran di berbagai sudut kota, sehingga membuat masyarakat menjadi resah dan keindahan kota semakin semrawut.

"Kita ini menunggu apa action dari Satpol PP karena segel yang mereka lekatkan itu tetap dilabrak dan dicopot oleh providernya. Jadi bagaimana selanjutnya action dari pemerintah. Apakah mereka tetap berdiam diri saja dan dikangkangi terus-menerus oleh provider ini tanpa mendatangkan efek pemasukan pendapatan asli daerah dan malah bikin semrawut," tegasnya.

JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)