DPRD Berharap Penanaman Pohon Kurma di Kompleks Islamic Center Pekanbaru Menjadi Daya Tarik Wisatawan Masa Depan

Admin
195 view
DPRD Berharap Penanaman Pohon Kurma di Kompleks Islamic Center Pekanbaru Menjadi Daya Tarik Wisatawan Masa Depan

PEKANBARU, datariau.com - Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Ginda Burnama berharap dengan adanya penanaman 400 bibit pohon kurma di area Islamic Center Kompleks Perkantoran Terpadu Tenayan Raya akan menjadi daya tarik wisatawan di masa yang akan datang saat kurma tersebut berbuah.

"Kita berharap pohon kurma ini akan tumbuh dengan baik dan subur, sehingga nantinya Kota Pekanbaru juga mempunyai spot destinasi baru berupa pohon dan buah kurma yang akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan," kata Ginda Burnama saat ikut serta menanam pohon kurma, Senin (21/6/2021).

Penanaman pohon khas jazirah Arab itu dalam rangka HUT ke-237 Kota Pekanbaru. Penanaman secara simbolis dilakukan Walikota Pekanbaru Dr Firdaus ST MT bersama Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, Ginda Burnama, dan unsur Forkopimda.

"Semoga apa yang diharapkan oleh Walikota bagaimana nantinya pohon kurma ini dapat tumbuh dan berbuah, sehingga menjadi daya tarik bagi pengunjung yang datang untuk melihat langsung pohon dan buah kurma ini," harap Ginda yang meurpakan politisi muda Partai Gerindra tersebut.

Walikota Pekanbaru Firdus MT mengatakan, penanaman pohon kurma ini bertujuan untuk menjadikan kawasan itu sebagai laboratorium kehutanan dan taman.

"Kita akan tanam juga tanaman kayu hutan tropis yang langka, yang jarang terlihat saat ini," kata Walikota.

Lanjutnya, hutan alam kini mulai berkurang seiring perkembangan industri. Pemko membuat taman di area perkantoran pemerintah itu dengan ditanami tanaman pohon tropis di Riau.

Keberadaan tanaman tropis itu tidak hanya sebagai taman, namun bertujuan agar anak-anak di masa depan masih bisa melihat aneka pohon di hutan tropis.

"Ada beragam jenis pohon nantinya, ada seperti pohon meranti dan tanaman hutan lainnya ditanami di sini," kata Walikota Pekanbaru.

Sedangkan kurma yang ditanam adalah jenis kurma yang bisa hidup di iklim tropis. Jenis bibitnya bisa tumbuh sesuai dengan iklim tropis. Walikota menyebut, akan tanam 400 bibit kurma di Islamic Center Tenayan Raya.

"Khusus untuk kurma yang ditanam di islamic center bukanlah pohon kurma yang didatangkan dari Arab, melainkan kurma yang sudah dibudidayakan yang cocok dengan iklim tropis," pungkasnya. (rik)