Bangunan di Atas Drainase Tidak Dibenarkan, Ketua DPRD Minta PUPR Perketat Pengawasan!

Ruslan
122 view
Bangunan di Atas Drainase Tidak Dibenarkan, Ketua DPRD Minta PUPR Perketat Pengawasan!
Foto: Khumar Mahendra
Ketua DPRD Pekanbaru, Hamdani MS SIP.

PEKANBARU, datariau.com - Ketua DPRD Pekanbaru Hamdani MS SIP meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangan (PUPR) Kota Pekanbaru untuk memperketat pengawasan terhadap bangunan yang dibangun di atas drainase yang dinilai menjadi penyebab terjadinya banjir.

"Kita (DPRD) sudah beberapa kali diskusi dengan Dinas PUPR dan Dinas Perkim mengenai adanya bangunan toko di atas drainase. Tentu ini mengganggu jalur air yang ada di kota Pekanbaru," kata Hamdani, Rabu (27/10/2021).

Hamdani menekankan agar setiap perencanaan pembangunan mengacu pada analisis dampak lingkungan (amdal). Sebab, amdal tersebut nantinya akan menentukan dampak pembangunan bagi masyarakat yang ada di lingkungan sekitar.

"Kalau itu (amdal) diketatkan, kedepannya kita bisa mengurangi titik-titik banjir," ujarnya.

Jika sudah terjadi, Hamdani mewanti-wanti Dua OPD yakni Dinas PUPR selaku dinas terkait dan juga Satpol PP sebagai penegak peraturan agar lebih tegas dan mengetatkan aturan yang tidak memperbolehkan pembangunan di atas drainase.

"Kita minta Dua OPD terkait ini bisa menegakkan dan menjalankan aturan itu, dari hulu ke hilir. Jadi kedepan, harus lebih tegas dan lebih selektif untuk proses pembangunan," terangnya.

Hamdani juga mengkritisi Pemko Pekanbaru yang dinilai telah membiarkan adanya pembangunan toko maupun rumah-rumah yang dibangun di atas atau menutup drainase jalan.

"Kita sangat mengharapkan pembangunan, kita tidak ada menghambat. Kita support pembangunan, tapi pembangunan yang sustainable (berkelanjutan), ramah lingkungan dan menjadi solusi bagi generasi kedepan," jelasnya.

Politisi PKS ini mengungkapkan, bahwa DPRD juga telah memanggil beberapa pihak perumahan ataupun perusahaan mendirikan bangunan yang menutup drainase jalan.

"Ada beberapa di perumahan-perumahan lama dan ada juga yang bahkan buat garasi mobil di atas drainase. Nah, itu kan tidak boleh," pungkasnya. (mar)

Penulis
: Khumar Mahendra
Editor
: Ruslan Efendi
Sumber
: Datariau.com