Harga Baru Tes Antigen Rp 99 Ribu

Admin
167 view
Harga Baru Tes Antigen Rp 99 Ribu

DATARIAU.COM - Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Prof Abdul Kadir mengumumkan penurunan harga rapid diagnostik test (RDT) antigen. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pengujian Covid-19.

"Dari hasil evaluasi kami sepakati bahwa tarif tertinggi pemeriksaan Rp 99 ribu untuk daerah Jawa dan Bali. Serta sebesar Rp 109 ribu untuk luar pulau Jawa dan Bali," kata Kadir dalam konfrensi pers secara daring, Rabu (1/9).

Penetapan batas tarif tertinggi itu berdasarakan evaluasi Kementerian Kesehatan bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) melalui perhitungan biaya pengambilan dan pemeriksaan RDT.

Komponen yang diperhitungkan yakni jasa pelayanan dan barang habis pakai, komponen biaya administrasi dan komponen biaya lainnya yang disesuaikan dengan kondisi saat ini.

Atas penetapan batas tarif tersebut, Kemenkes meminta agar semua fasilitas pelayanan kesehatan baik rumah sakit, laboratorium dan fasilitas Kesehatan pemeriksaan lainnya kiranya dapat memenuhi batasan tarif tertinggi RDT tersebut.