45.000 Dosis Vaksin Astrazeneca Bakal Dimusnakan

Ruslan
144 view
45.000 Dosis Vaksin Astrazeneca Bakal Dimusnakan
Foto: Net

DATARIAU.COM - Republik Ceko mungkin harus memusnahkan 45.000 dosis vaksin Covid-19 Astrazeneca, karena akan kedaluwarsa pada bulan Oktober. Seperti dilaporkan RT, Senin (13/9/2021), tingkat vaksinasi tetap rendah di Ceko akibat kekhawatiran efek samping.

“Sekitar 55.000 dosis vaksin yang diproduksi oleh perusahaan Anglo-Swedia Astrazeneca dan dikirim ke Republik Ceko akan berakhir pada akhir Oktober,” bunyi laporan stasiun radio Ceko IROZHLAS.

Sementara sekitar 10.000 dosis mungkin akan digunakan untuk memberikan dosis kedua, paket vaksin yang tersisa mungkin harus dibakar jika permintaan vaksinasitak kunjung meningkat.

Sejauh ini, tingkat vaksinasi telah berada di titik terendah. Menurut data yang dikutip dalam laporan tersebut, hanya 36 orang yang memilih Astrazeneca untuk dosis pertama pada bulan September, dan total 774 orang telah divaksinasi sejauh ini.

Sepanjang bulan Juli dan Agustus, hanya sekitar 1.200 dari mereka yang baru divaksinasi memilih vaksin Astrazeneca, sebagian kecil dari 860.000 orang yang mengajukan dosis pertama mereka dalam periode tersebut.

Media Ceko melaporkan lebih dari 14.000 dosis vaksin Astrazeneca dibuang dalam sebulan terakhir saja karena kurangnya minat dari publik.

Kurangnya popularitas vaksinasi telah disalahkan pada fakta bahwa sejak Juni, kementerian kesehatan Ceko telah merekomendasikan bahwa vaksin Covid-19 Astrazeneca dan Johnson & Johnson hanya diberikan kepada warga yang lebih tua dari 60 tahun.

Tindakan pencegahan diperkenalkan setelah vaksin dicurigai menyebabkan pembekuan darah yang berpotensi mematikan terdeteksi pada beberapa orang yang lebih muda setelah mereka menerima suntikan. Meskipun laporan kasus efek samping jarang terjadi, beberapa negara, termasuk Republik Ceko, membatasi atau menghentikan penggunaan vaksin.