Pengalaman Mahasiswa UIN Suska Riau Magang di Media Online Data Riau 2021

Admin
1.358 view
Pengalaman Mahasiswa UIN Suska Riau Magang di Media Online Data Riau 2021
Foto: Ist
Para mahasiswa magang UIN Suska Riau saat melakukan foto bersama dengan pihak media online Data Riau setelah selesai melaksanakan PKL atau magang di Data Riau.

PEKANBARU, datariau.com - Sebanyak 10 orang Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim atau UIN Suska Riau, selesai melaksanakan magang atau praktek kerja lapangan selama dua bulan (September - November) 2021.

Muhammad Abdul Hadi salah seorang perwakilan mahasiswa magang mengatakan, bahwa mereka para mahasiswa merasa beruntung bisa magang di media online Data Riau yang memberi mereka pengalaman jurnalistik.

Sepuluh mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi ini dibagi menjadi dua kelompok, sebanyak 4 orang ditempatkan sebagai redaktur (editor berita), selebihnya sebanyak 6 orang sebagai wartawan liputan di lapangan.

Kebijakan itu diambil memang sejak lama, media online Data Riau tidak mempekerjakan perempuan di lapangan, sehingga mahasiswi magang sebanyak 3 orang ditempatkan sebagai redaktur (bekerja di kantor), ditambah satu orang lagi mahasiswa yang meminta sebagai redaktur karena memiliki kesulitan jika harus melakukan liputan di lapangan.

Adapun 4 orang redaktur itu adalah Kakak Indra Purnama, Intan Sukma Lena, Sindy Aprilia Dwiyanti, dan Yessi Novriani. Para redaktur ini diberikan pelatihan selama sepekan berkaitan cara mengedit berita, komunikasi dengan wartawan di lapangan dan cara upload berita media online, sebelum diberi kepercayaan memegang administrator untuk upload berita.

Kemudian untuk mahasiswa magang melaksanakan liputan di lapangan ada 6 mahasiswa yaitu Ahmad Wardani, Khumar Mahendra, Maizatul Akmam, Muhammad Abdul Hadi, Muhammad Riski, dan Rahmad Asyura.

Para wartawan magang ini ditempatkan di beberapa posko dan dititipkan dengan wartawan media online Data Riau di lapangan.

Setiap mahasiswa magang wajib absen setiap hari Senin hingga Sabtu, dan melaporkan kegiatan harian sebelum pukul 20.00 WIB setiap harinya.

Pimpinan media online Data Riau Samsul Bahri mengatakan, bahwa media online Data Riau sejak awal memang komitmen menjadi wadah pembelajaran bagi mahasiswa, buktinya setiap tahun media online Data Riau mendapat kepercayaan dari berbagai kampus di Riau untuk menjadi tempat praktek kerja lapangan atau magang para mahasiswa mereka.

"Media ini memang sejak awal sudah memiliki konsep edukatif, nyaman dibaca semua kalangan, karena keberadaan media online Data Riau ini untuk menjadi alternatif di tengah semakin ramainya media online vulgar," kata Samsul.

Dijelaskan pengurus PWI Kabupaten Rohil ini, bahwa media online Data Riau memang memiliki warna berbeda, sebagai media dakwah dan berita, Data Riau sangat memperhatikan kualitas konten.

"Mungkin karena muatan konten kita yang nyaman dibaca semua kalangan ini menjadi salah satu alasan pihak kampus mempersilahkan mahasiswa mereka melaksanakan praktek kerja lapangan atau magang di sini," pungkasnya. (rrm)