Polres Siak Gagalkan Aksi Balap Liar di Tualang, Iptu Ricky Berharap Peran Orangtua Turut Mengawasi

Hermansyah
978 view
Polres Siak Gagalkan Aksi Balap Liar di Tualang, Iptu Ricky Berharap Peran Orangtua Turut Mengawasi
Pemilik sepeda motor di data oleh Satlantas Polres Siak atas aksi balapan liar di Jalan Raya Minas-Perawang.

SIAK, datariau.com - Polantas (Satlantas) jajaran Polres Siak mencegah aksi balapan liar yang dilakoni para remaja tanggung marak dilakukan di wilayah hukum Polres Siak khususnya di Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau.

Aksi balap liar yang kembali marak cukup mendapat perhatian khusus oleh jajaran Kepolisian Resort Siak (Polres Siak). Ditengah pandemi covid-19 tidak menyurutkan tugas polisi untuk tetap melaksanakan penertiban balap liar di Kecamatan Tualang.

Kapolres Siak AKBP Gunar Rahardiyanto SIK MH melalui Kasat Lantas Polres Siak AKP Rosna Meilani SIK didampingi Kapolsek Tualang AKP Alvin Agung Wibawa SIK pun melaksanakan penertiban balap liar di wilayah Kecamatan Tualang, Ahad (29/8/2021).

Setidaknya dengan menurunkan sebanyak 17 personil yang dipimpin langsung oleh Kanit Regident Iptu Ricky Marzuki SH didampingi Panit Lantas Polsek Tualang Iptu A Ramadhan SH MSi bersama Kanit Patroli Ipda Ridwan.

Dikatakan Iptu Ricky Marzuki, dari hasil kegiatan tersebut, aparat kepolisian berhasil melakukan penertiban dan mengamankan balap liar di sepanjang jalan raya Minas-Perawang Kecamatan Tualang.


"Ada 11 orang diduga sebagai pengendara dan penonton yang diamankan polisi untuk dapat dilakukan penindakan. Selain itu, turut diamankan barang bukti sepeda motor sebanyak 13 unit dihalaman Mapolsek Tualang," kata Ricky.

"Dan kepada pengendara balap liar dilakukan penilangan terhadap pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan. Lebih-lebih terhadap para pengendara balap liar ini dan bagi masyarakat yang menonton aksi balap liar juga turut di amankan serta diberikan arahan maupun imbauan agar tidak mengulangi aksi balap liar," jelasnya.

Dijelaskan Ricky, karena aksi balap liar ini merupakan aktivitas yang sangat berbahaya, dapat menjurus pada tindakan kriminal dan kecelakaan lalu lintas.

Ditambah lagi pada masa pandemi covid-19 (PPKM) saat ini, kepada masyarakat diharapkan dapat mengurangi kegiatan-kegiatan yang mengundang kerumunan.

"Kita berharap kepada orangtua dapat ikut bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk membatasi dan memantau kegiatan anak-anak diluar rumah tidak terlibat tindak pidana dan kenakalan remaja," pungkasnya.

Dimana kegiatan penertiban balap liar yang dilakukan personil dan jajaran Polres Siak pada Ahad (29/8/2021) malam itu, berlangsung dengan kondisi keadaan aman dan terkendali.(*)

Sumber
: Datariau.com