Ratusan Tower Ilegal di Pekanbaru Tidak Dibongkar, Tapi..

Admin
815 view
Ratusan Tower Ilegal di Pekanbaru Tidak Dibongkar, Tapi..
Ilustrasi. (Foto:Int)

PEKANBARU, datariau.com - Lebih 800 menara telekomunikasi atau tower berdiri dikota Pekanbaru, tercatat pula sekitar 200 diantaranya tidak memiliki izin. Tower ilegal ini tidak serta merta ditumbangkan Pemko Pekanbaru, melainkan meminta pemilik untuk mengurus izin. Pemko Pekanbaru beralasan sangat membutuhkan keberadaan tower ini, meskipun terkesan, pemilik modal bebas membangun dimana saja tanpa izin, belakangan baru diurus perizinannya.

"Pekanbaru menyadari butuh infrastruktur tower, tapi harus ditata. Hal ini akan tercantum dalam Perwako yang akan final dibahas. Dimana, nanti tower-tower yang dahulu penempatannya ditentukan oleh operatornya atau provider selular, namun kini kita (Pemko) yang menentukan titik dimana tower-tower boleh didirikan. Kedepan kemungkinan kita akan mengarahkan tower di pinggir jalan atau median jalan terutama yang di pusat perkotaan, tentu saja jenis kontruksinya berbeda. Kedepan, kita tidak mengizinkan lagi tower berupa menara, tapi tower di tengah kota berupa tiang yang diletakkan di median jalan yang juga berfungsi sebagai lampu penerangan," ungkap Kepala Diskominfo Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru Firmansyah Eka Putra ST MT, Rabu (26/9/2018).

Untuk tower-tower yang sudah berdiri dan tidak berizin, Pemko membuat kebijakan akan melihat kebutuhannya, tower juga diperlukan masyarakat untuk kebutuhan komunikasi. Tahap awal pemerintah akan melakukan pemutihan.

"Jadi ini berita gembira bagi pemilik tower yang tidak berizin, silahkan urus izinnya. Tentu saja nanti jika ada denda silahkan urus sebagai konsekuensinya. Dan juga hal ini menghasilkan PAD bagi Pemko. Jadi, apalagi yang menjadi kendala mereka tidak mengurus izin, toh izin sudah dipermudah. Dengan begitu retribusi kita bisa meningkat. Setelah kita beri izin kedepan, jika tidak lagi diurus izin akan langsung kita tebang," tegasnya. (op)

Tag: