Penjelasan Rektor UIN Suska Riau Soal UAS Ceraikan Istri

Admin
5.455 view
Penjelasan Rektor UIN Suska Riau Soal UAS Ceraikan Istri
Ilustrasi (Foto: Internet)
PEKANBARU, datariau.com - Ustaz Abdul Somad Batubara menceraikan istrinya Mellya Juniarti di Pengadilan Agama (PA) Bangkinang Kabupaten Kampar, Riau. Rektor UIN Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau, Prof Dr Akhmad Mujahiddin mengatakan rumah tangga Somad sedang diuji Allah.

"Saya selalu bincang-bincang dengan orang UIN ya, godaan UAS ini ya soal rumah tangganya ini. Makanya tidak ada manusia yang sempurnakan. Ketika di rumah tangga, beliau diuji oleh Allah," kata Akhmad dalam perbincangan dengan detikcom, Kamis (5/12/2019).

"Dalam hukum Islam kan ada tuh, pekerjaan halal yang paling dibenci Allah itu ya talak itu. Saya rasa UAS juga hapal dengan hadis itu kan," imbuhnya.

Akhmad menjelaskan, perceraian ini atas keinginan dari UAS atau disebut cerai talak.

"Cerai talak itu kan keinginan dari UAS bukan keinginan dari istrinya. Kalau istri namanya gugat, ini kan talak inikan kemauan UAS," kata Akhmad yang pernah menjadi pimpinan UAS saat menjadi dosen di UIN Suska.

Walaupun UAS pernah mengajar di kampus UIN Suska, Akhmad mengaku tidak mengetahui persis mengenai kehidupan ustaz kondang tersebut. Akhmad juga menyayangkan perceraian UAS.

"Ya kalau sebagai publik figur juga sangat disayangkan. Ceramah beliau yang sudah mendunia ya. Ranah domestik ini kan begitu mencuat ke permukaan, yang seharusnya menjadi rahasia rumah tangga kan terpublish. Secara dinas itu sudah tidak ada hubungannya dengan UIN, karena beliau kan sudah berhenti," kata Akhmad. (*)
Sumber
: https://news.detik.com/berita/d-4810457/rektor-uin-suska-soal-uas-ceraikan-istri-beliau-diuji-allah