Kuliah S2 Bung Hatta Padang Gratis, Ini Ketentuannya

Abdul Kadir
1.464 view
Kuliah S2 Bung Hatta Padang Gratis, Ini Ketentuannya
(Foto: Abdul Kadir)
Kampus Universitas Bung Hatta Padang

Padang, datariau.com - Universitas Bung Hatta Padang membuka penerimaan mahasiswa baru jenjang pendidikan Strata Dua (S2) dengan berbagai jurusan.

Hal itu disampaikan Dr Junaidi MS Asisten Direktur Pascasarjana Universitas Bung Hatta Padang menjawab datariau.com saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (27/12/2019).

"Khusus lulusan dari Universitas Bung Hatta yang baru lulus kemudian melanjutkan S2 disini, maka akan dibebaskan dari biaya pendaftaran tanpa mengikuti ujian tes," ungkapnya.

Junaidi menyebutkan, jadwal penerimaan mahasiswa baru semester genap T.A 2019/2020 tahap I Pendaftarannya dimulai sejak tanggal 1 Desember 2019 sampai tanggal 3 Januari 2020.

"Kemudian tanggal 4 Januari 2020 agenda tes masuk (TPA dan TOEFL Like) dan pengumumannya tanggal 8 Januari 2020. Setelah dinyatakan lulus, calon mahasiswa diharapkan melakukan pendaftaran ulang tanggal 8 sampai tanggal 19 Januari 2020," paparnya.

Pendaftaran tahap 2 sebut Junaidi, pendaftarannya dimulai tanggal 20 Januari hingga 21 Februari 2020. Tes Masuk (TPA dan TOEFL Like) dilaksanakan tanggal 22 Februari 2020 dan hasilnya akan diumumkan tanggal 26 Februari 2020, jika dinyatakan lulus calon mahasiswa diminta melakukan pendaftaran ulang dari tanggal 26 sampai tanggal 28 Februari 2020.

"Perkuliahan semester genap T.A 2019/2020 dimulai pada hari Sabtu, 29 Februari 2020," 

Kemudian sebut Junaidi, mahasiswa akan mendapat potongan 10 persen untuk pembayaran SPP-nya dan itu boleh dibayar 2 kali," paparnya.

Saat ini, sambung Asdir, Pascasarjana Universitas Bung Hatta menyelenggarakan 6 (enam) program studi.

1. Prodi Pengelolaan Sumberdaya Perairan, Pesisir Kelautan (PSP2K), Budidaya Perikanan, Pengelolaan Sumber Daya Perairan dan Sosial Ekonomi Perikanan dengan gelar (M.Si), 

2. Manajemen memiliki 3 konsentrasi, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumberdaya Manusia Hospitality Manajemen dengan gelar (M.Si.), 

3. Teknik Sipil konsentrasi bidang Manajemen Konstruksi, Manajemen Proyek, Manajemen Risiko Bencana (Kerjasama BNPB), Manajemen Aset dan Fasilitas (Kerjasama UTM) dengan gelar (MT), 

4. Ilmu Hukum konsentrasi bidang, Hukum Perdata, Hukum Pidana, Hukum Bisnis, Hukum Kesehatan dengan gelar (MH), 

5. Arsitektur bidang konsentrasi, Pendidikan Profesi Arsitek (PPArs),  kerjasama IAI dan Magister Arsitektur dengan gelar (MT), 

6. Pendidikan Bahasa Indonesia konsentrasi, Pendidikan Kebahasaan dan Pendidikan Kesastraan dengan gelar (M.Pd).

"Saat ini lulusan kita sudah tersebar di berbagai wilayah dan sudah menunjukkan kompetensinya," sebut Junaidi.

Untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia berkompetensi unggul, papar Junaidi, pihaknya memberikan pelayanan maksimal dengan menghadirkan dosen kredibel dari luar negeri. 

"Kami juga membuat program Student Mobility ke beberapa perguruan tinggi luat negeri seperti, ke Malaysia, Singapura Thailand dan kampus luar negeri lainnya dan ini untuk semua program studi," kata Junaidi.

Junaidi mengungkapkan, keunggulan Pascasarjana Bung Hatta diantaranya memberikan pelayanan prima dengan administrasi mudah dan lancar serta menerapkan sistem perkuliahan semester III sudah selesai.

"Tentunya dengan strategi khusus dan berbeda dari kampus lainnya. Kita mewadahi mahasiswa, sebelum seminar proposal sudah wajib menulis di jurnal nasional. Maka itu kita wadahi SINMAG (Simposium Nasional Magister). Jadi mahasiswa terbantu dan memudahkan mahasiswa menyelesaikan studinya," pungkasnya. (Abd)

Penulis
: Abdul Kadir
Editor
: Redaksi
Sumber
: datariau.com