Tim Pengabdian Mahasiswa Kukerta UNRI Sumahilang Sosialisasi Prokes Kepada Anak Sekolah di Masa Pandemi

Datariau.com
284 view
Tim Pengabdian Mahasiswa Kukerta UNRI Sumahilang Sosialisasi Prokes Kepada Anak Sekolah di Masa Pandemi

DATARIAU.COM - Di tengah masa pandemi Covid-19 Mahasiswa Kukerta (Kuliah Kerja Nyata) Balek Kampung 2021 Universitas Riau tengah melaksanakan tugasnya di Kelurahan Sumahilang.

Mahasiswa Kukerta Kelurahan Sumahilang melaksanakan kegiatan yang bertemakan Literasi. Mahasiswa ini dibawah bimbingan Dr Davit Rahmadan SH MH, dimana semua kegiatan atas izin dan arahan dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) telah melakukan Sosialisasi kepada anak-anak Sekolah mengenai Protokol kesehatan di Kelurahan Sumahilang pada Jum'at, 13 Agustus 2021.

Protokol kesehatan adalah upaya kesehatan masyarakat yang merujuk pada sejumlah tindakan yang perlu dilakukan dalam rangka promosi kesehatan dan pencegahan penyakit Virus dengan rutin mencuci tangan hingga bersih merupakan salah satu protokol kesehatan yang cukup efektif untuk mencegah penularan covid-19.

Menjaga tangan tetap bersih adalah langkah terpenting yang dapat dilakukan untuk terhindar dari penyebaran kuman. Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Centers for Disease Control and Prevention, banyak penyakit yang ditularkan karena tidak mencuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir.

Kegiatan ini dilakukan mengingat bahwasanya di tengah masa pandemi Covid-19, anak sekolah harus dapat mematuhi protokol kesehatan terutama bagi anak yang mungkin sesekali ke Sekolah, sehingga anak akan aman dan selalu berusaha menjaga diri dari virus saat berada di luar atau tempat ramai dengan mengetahui apa saja hal yang dapat dilakukan dalam mematuhi protokol kesehatan.

"Melihat anak-anak mencuci tangan hanya mencuci tangan seperti biasa saja, terkadang Cuma pakai air aja tidak menggunakan sabun serta masih banyaknya anak yang belum menerapkan protokol kesehatan," kata Joddy sebagai wakil ketua Kukerta Kelurahan Sumahilang.

Mahasiswa mengumpulkan anak-anak di perkarangan Mesjid Gunung Merah yang terdapat di lingkungan Sumahilang. Kemudian diajak untuk berbaris rapih dan berjaga jarak satu sama lain juga selalu memperhatikan anak-anak sekolah untuk selalu menggunakan maskernya.

Setelah itu, Perwakilan dari Tim Kukerta Sumahilang menceritakan dan memberikan beberapa informasi kepada anak-anak terlebih dahulu mengenai bagaimana situasi saat ini, seperti apa itu virus Covid-19, dimana ia selalu berada, serta menjelaskan bagaimana cara menjaga kesehatan sebagai awal dari kegiatan sosialisasi.

Selanjutnya, mempraktekkan dan menjelaskan bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar. Seperti yang diketahui, mencuci tangan yang baik dan menar menurut WHO adalah basahi tangan seluruhnya dengan air bersih mengalir, lalu tuangkan sabun ke seluruh bagian tangan, kemudian gosok sabun ke telapak tangan, punggung tangan, dan sela-sela jari setidaknya selama 20 detik, bilas tangan dengan air bersih mengalir.

"Terkahir keringkan tangan dengan handuk bersih atau tisu," ujar Salsabila perwakilan dari Tim Kukerta Kelurahan Sumahilang.

Setelah mempraktekkan cara mencuci tangan Mahasiswa Kukerta Kelurahan Sumahilang mengajak anak-anak sekolah (PAUD dan SD) untuk mempraktekkan juga bagaimana cara mencuci tangan sesuai urutan langkah yang sudah di jelaskan, disini anak-anak akan didampingi oleh tiap-tiap mahasiswa Kukerta yang akan membantu jika anak mengalami kesalahan atau memerlukan bantuan.

Setelah anak-anak selesai mencuci tangan yang baik dan benar, selanjutnya perwakilan Tim Kukerta Kelurahan Sumahilang juga menjelaskan bagaimana cara memakai masker yang benar, melepaskan masker yang benar, dan dimana harus diletakkan masker yang sudah digunakan, dan kapan saat masker tidak boleh digunakan lagi.

Anak-anak juga ditanyakan mengenai protokol kesehatan yang harus di patuhi (5M), beberapa anak dapat menjawab apa saja 5M yang harus dipatuhi selama masa pandemi Covid-19.

Kegiatan sosialisasi Protokol kesehatan ini diakhiri dengan memberikan anak-anak Snack ringan dan mengajak anak-anak untuk foto bersama.

Kegiatan ini mendapatkan respon positif orang tua yang berada di Kelurahan Sumahilang, Kota Pekanbaru begitu juga dengan anak-anak yang sangat antusias dalam mengikuti kegiatan. (rls)

JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)