Tim KKN Unri Gelar Sosialisasi Akuaponik

Ruslan
333 view
Tim KKN Unri Gelar Sosialisasi Akuaponik
Foto: Ist
Kegiatan Mahasiswa Kukerta Balek Kampung Unri dalam mensosialisasikan tanaman akuaponik.

REJOSARI, datariau.com - Mahasiswa Kukerta Balek Kampung Unri memberikan sosialisasi terkait akuaponik kepada warga RW 08 Kelurahan Rejosari, Pekanbaru.

Sebanyak 16 orang warga menghadiri sosialisasi akuaponik yang diadakan di kediaman ketua RW 08 Sabtu (24/07) lalu.

Akuaponik merupakan cara bercocok tanam dengan perpaduan budi daya ikan dan hidroponik. Pada sosialisasi tersebut dijelaskan bahwa akuaponik dapat menjadi alternatif bercocok tanam dan budi daya ikan dalam satu wadah sekaligus dan cocok diterapkan bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan lahan.

“Kalau perumahan kecil, tidak ada pekarangan, bisa memanfaatkan akuaponik ini,” ujar M Haris selaku ketua RW 08 yang mendukung penerapan akuaponik.

Andri Saputra selaku pemateri dari Tim Kukerta Balek Kampung mengatakan, “Selain hemat tempat, akuaponik ini juga mudah dalam perawatannya, dan pastinya bebas gulma karena media tanamnya bukan tanah,” jelasnya.

Di masa pandemi Covid-19 ini penerapan akuaponik dapat menjadi kegiatan yang menguntungkan. Selain hemat biaya dan perawatan yang mudah, membuat akuaponik dapat menjadi aktivitas bermanfaat bagi warga selama di rumah saja.

Dalam pembuatannya, akuaponik dapat menggunakan benda-benda di sekitar rumah yang mudah dijumpai seperti ember bekas cat, gelas plastik bekas, arang batok kelapa, dan juga batang sayur sisa dapur.

Diakhir kegiatan, Tim Kukerta Balek Kampung Unri mempraktikkan mekanisme pembuatan akuaponik. Mereka menggunakan ember 45 liter, gelas plastik bekas, dan arang batok kelapa.

Tanaman yang ditanam adalah kangkung, dan ikan yang dibudidaya adalah ikan lele. Dalam ember berukuran 45 liter bisa menanam 60 batang kangkung dan 30 ekor lele.

Dalam kegiatan tersebut, warga yang hadir sangat antusias dan aktif bertanya hal-hal terkait akuaponik. Mulai dari cara perawatan, keuntungan, juga jenis tumbuhan dan ikan apa saja yang bisa di budi daya dengan penerapan akuaponik. (ril)

Editor
: Ruslan Efendi
Sumber
: Datariau.com