Sesuai 7 Program Strategis, Bupati Meranti HM Adil Teken MoU dengan UIN Suska Riau dan Politeknik Caltex

Ruslan
50 view
Sesuai 7 Program Strategis, Bupati Meranti HM Adil Teken MoU dengan UIN Suska Riau dan Politeknik Caltex
Foto: Syahputra
Sesuai 7 Program Strategis, Bupati Meranti HM Adil Teken MoU dengan UIN Suska Riau dan Politeknik Caltex.

KEPULAUAN MERANTI, datariau.com - Bupati Meranti H Muhammad Adil SH dan juga ketua DPC PKB ikuti acara Penandatanganan MOU antara Pemkab Kabupaten Kepulauan Meranti dan UIN Suksa Riau di Gedung Aula Hijau, Selasa (08/06/2021).

Acara penandatanganan mou tersebut dihadiri oleh, Sekda, Staf Ahli, Asisten beberapa kepala OPD dilingkungan Pemkab Meranti dan hadir dari Pihak Dekan Fakultas Syari'ah dan Hukum Universitas Islam Negri (UIN) Syultan Syarif Khasim Dr H Hajar Hasan MA serta sebagai Civitas Akademika Fakultas Syriah dan Hukum dan juga Direktur Politeknik Caltex Riau.


Dr H Hasan SH, MA, menyampaikan bahwa dia sudah sering kali bertemu dengan Bupati dia adalah sohid/sahabat saya, sebenarnya kami sudah lama ingin kesini dengan maksud membagun kerja sama dengan Kabupaten Kepulauan Meranti karna UIN terus mengalami peningkatan dari segi aspek yaitu kuantitas dan kualitas mahasiswa, UIN Suska Riau berjumlah sekitar 4000 dengan 7 jurusan, sekarang kita sedang merintis untuk program S2 fakultas syari'ah dan hukum, sehingga lulusan dari UIN Suska Riau bisa jadi Khotib, Ceramah, Imam dan lainya yang menyakut agama inilah bedanya kita dengan fakultas lain.

Tujuan kami melakukan penandatanganan MOU ini untuk mengokohkan dasar hukum ini, karna peraktek lapangan menjadi keharusan bagi mahasiswa dan kami tidak bisa melepaskan diri dari magang ini, dan saya berharap kepada mahasiswa dapat peraktek dilapangan dengan mengirimkan mereka pada wilayah masing-masing, kita akan mengirimkan 400 mahasiswa ke Selatpanjang maka dari itu saya meminta kerja sama kepada Bupati Meranti H Muhammad Adil SH. Kemudian kedepannya yang bentuk penelitian akademis perlu kita kembangkan karna mahasiswa banyak potensi dan kami akan mengundang pemerintah daerah dari Selatpanjang dan mahasiswa harus tau Kabupaten Kepulauan Meranti ini bukan kota sembarangan.


Kita banyak mahasiswa ekonomis yang jumlahnya sangat terbersar, saya juga sudah konfirmasi dengan gubernur dan beliau mendukung jurusan ekonomi, insyaallah saya akan mengeluarkan jurusan ekonomi syariah agar mahasiswi tau ajaran Islam terkait minuman dan makanan mana yang haram, kemudian kita ini Melayu identik dengan Islam yang tak bisa dipisahkan, fakultas kita kini menjadi pertama ekonomi, kedua syariah dan hukum. UIN terus berkembang dan membenah diri saat ini mahasiswa sangat banyak, dan mayoritas yang masuk seluruhnya dari Indonesia dan juga ada dari negara luar, dan kami akan terus mengkoreksi terus untuk kemajuan UIN dalam melahirkan mahasiswa yang berkualitas.

Kemudian dilanjutkan dengan Rektor Politeknik Caltex Riau dia mengatakan, tujuan kami kesini menginformasikan bahwa di Riau ini ada Politeknik Caltex tujuan untuk menyiapkan ini agar menciptkan sumberdaya manusia yang berpotensi, kemudian kita mendapatkan predikat A dan kami hanya berkapasitas sekitar 2000 karna sesuai kapasitas, kami lebih mengarah ke basic IT, insya Allah akan datang kita akan mengkonfersi dari D3 ke D4.

"Tujuan saya sama dengan Dekan UIN untuk melakukan kerja sama, Alhamdulillah untuk tahun ini kita ditunjukkan sebagai Riau digital dan dengan adanya silahturahmi ini agar kami bisa berkontribusi dengan Kabupaten Kepulauan Meranti agar lebih maju lagi," jelasnya.

Kemudian Bupati Meranti H Muhammad Adil SH menyampaikan bahwa diia dan hari akhir nanti. Aamiin Ya Rabbal Atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti kami mengucapkan selamat datang di Selatpanjang kepada Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Bapak Dr H Hajar Hasan, MA serta rombongan yang merupakan para dosen di Fakultas Syariah dan Hukum UIN Suska Riau. Untuk Pak Hajar Hasan dan Pak Dr. Syahpawi mungkin bukan selamat datang, tapi selamat kembali, mengingat mereka berdua adalah orang Meranti dan sering pulang ke Selatpanjang Kami juga mengucapkan terima kasih atas kunjungan ini dan sangat menyambut baik serta memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas keinginan menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti. Hal ini tentu saja merupakan salah satu bentuk pengabdian UIN Suska dalam membantu Pemda Meranti untuk Humas Setda Kabupaten Meranti/2021.

Bapak Dekan dan Rombongan yang kami muliakan, kami berharap MoU ini dapat dikongkritkan dalam perjanjian kerjasama sehingga jelas apa yang menjadi tugas dan tanggungjawab masing-masing pihak. Ini penting disegerakan karena anak-anak Meranti sangat banyak yang kuliah di UIN Suska. Banyak anak Meranti alumni UIN telah sukses baik bertugas di Pemda Meranti maupun daerah lainnya. Contohnya Pak Dekan yang juga orang Meranti dari Desa Sendaur Rangsang Barat, lalu ada Pak Tarmizi Tohor dari Sungai Tohor di Kementerian Agama Pusat. Beberapa anak Meranti juga meraih gelar doktor dan menjadi dosen di UIN. Ini tentu saja telah membuktikan bahwa UIN mampu mencetak generasi yang unggul dan anak Meranti mampu bersaing.

Dengan terlaksananya penandatanganan ini kami menginginkan agar MoU dibicarakan lebih lanjut dengan OPD teknis, seperti Bappeda, Dinas Pendidikan dan Bagian Kesra. Kerjasama seperti ini sangat sejalan dengan salah satu dari 7 program

strategis AOK untuk mewujudkan Meranti yang maju, cerdas dan bermartabat. Kedepan Kami menginginkan seluruh bidang pekerjaan di Pemda dan di Meranti disi oleh anak anak tempatan. Inilah tujuan utama dari visi Pemerintah untuk menjadikan Meranti Maju, Cerdas dan Bermartabat ini.

Strategi kita adalah dengan pemerataan

kualitas dan kuantitas SDM melalui Program lima ribu beasiswa jenjang S1 sampai S3 dari 50 putra-putri terbaik di setiap desa. Perinciannya, 4.300 S, 500 orang S2, dan 200 orang S3. Sekarang kita telah memulai strategi ini dengan mendata anak-anak kita yang berprestasi untuk masuk jurusan kodekteran di perguruan-perguruan tinggi terbaik seperti UGM dan UI. Mereka yang lulus tes masuk secara murni tanpa ada rekomendasi kita, nantinya akan kita berikan full beasiswa mulai biaya pendidikan dan biaya hidup.

Saya harap dengan UIN juga bisa dipertegas

bentuk kerjasamanya di Fakultas-Fakultas yang memang sangat kita butuhkan lulusannya. Selain itu, sinergi ini dapat kita kembangkan dalam bidang pengabdian masyarakat seperti kegiatan magang

dan pendampingan terutama dalam bidang peningkatan keagamaan dan pengamalan dan pemahaman hukum, serta pendampingan mengenai akuntansi syariah.

Saya sangat senang sekali kedatangan pihak UIN dan Politeknik Caltex karna kedunya adalah anak asli Meranti, saya berharap anak meranti bisa kuliah semuanya baik itu dalam negri maupun luar negri, insyaallah saya akan kembali menemui kementerian untuk membicarakan terkait program 7 strategis dan saya juga sudah berkonsultasi dengan pihak KPK agar tak menjadi masalah dikemudian hari.

"Pak dekan kami sudah menjajaki 10 top universitas yang top tapi tidak banyak hanya 4 sampai 5 orang, anak Meranti kalau mau maju seperti kata Alm Triono Kuliahkan ke fakultas yang ternama dan inilah yang beliau tinggalkan beberapa ide yang luar biasa", ungkap H Muhammad Adil SH. (put)

Penulis
: Syahputra
Editor
: Ruslan Efendi
Sumber
: Datariau.com