Gebrakan Pembelajaran Berbasis Digital, Pendidikan Kimia UNRI Gelar Pelatihan Media Pembelajaran Digital

Ruslan
185 view
Gebrakan Pembelajaran Berbasis Digital, Pendidikan Kimia UNRI Gelar Pelatihan Media Pembelajaran Digital
Foto: Novia Wanda

INHU, datariau.com - Rombongan mahasiswa dan dosen Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Riau melaksanakan Pendidikan Kimia Mengabdi 2021 di Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu pada (25/9) lalu.

Kegiatan ini mengangkat tema pembuatan media pembelajaran digital (kahoot, quiziz, socrative, dan flipbook maker) untuk guru SMP di Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu.

Kegiatan dilaksanakan atas dasar situasi pembelajaran daring yang menuntut seorang guru harus mampu menyajikan suatu media pembelajaran berbasis digital. Penggunaan media berbasis digital ini juga sudah sesuai dengan pembelajaran abad 21, dimana peserta didik harus melibatkan teknologi dalam pembelajaran.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh guru SMP di Kecamatan Rengat, Wakil Dekan 1 FKIP UNRI, dosen dan mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Riau. Bapak Abdullah selaku koordinator program studi pendidikan kimia menjelaskan maksud dari kegiatan ini yaitu untuk memberikan pelatihan kepada guru terkait media pembelajaran berbasis digital, dimana biasanya kita hanya menggunakan media kertas seperti modul.

"Sekarang kita bisa menggunakan media pembelajaran digital sehingga peserta didik bisa mengakses dimanapun dan kapanpun melalui perangkat mereka. Media pembelajaran digital bisa menarik minat siswa dalam belajar sehingga pembelajaran tidak monoton," jelasnya.

Bapak M. Nasir selaku plt kepala sekolah SMP 1 Rengat mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa dan bapak/ibu dosen yang telah hadir untuk memberikan pelatihan media pembelajaran berbasis digital.

"Kami berterima kasih atas kehadiran rombongan pendidikan kimia dan mohon maaf jika ada kekurangan kamk dalam penyambutan. Untuk peserta pelatihan ikuti acara ini dengan sebaik-baiknya karna ini berguna buat kita untuk membuat media pembelajaran digital di saat sekarang ini," ujarnya.

Pelatihan media pembelajaran berbasis digital berlangsung dengan lancar, hal ini terlihat dari antusiasme guru yang mengikuti pelatihan dan aktif bertanya. Mereka juga berharap bisa mendapatkan latihan tentang media ini lebih lanjut untuk dapat digunakan dalam pembelajaran luring. (ril)

Penulis
: Novia Wanda
Sumber
: Datariau.com