Mahasiswa Universitas Riau Bagikan Masker dan Edukasi Warga di Posyandu

272 view
Mahasiswa Universitas Riau Bagikan Masker dan Edukasi Warga di Posyandu
Foto: Ist
TIM Kukerta Relawan Desa lawan COVID-19 Kelurahan Kampung Besar Seberang.

DATARIAU.COM - Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan salah satu tujuan yang harus dicapai dan dilakukan oleh setiap perguruan tinggi di Indonesia. Perguruan Tinggi selayaknya melahirkan para pemuda atau orang-orang terpelajar yang memiliki semangat tinggi, pemikiran yang kreatif, mandiri, inovatif agar dapat membangun bangsa di berbagai sektor sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

Pengabdian kepada masyarakat adalah salah satu poin yang terdapat dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu bukti nyata peran mahasiswa sebagai agent of changes untuk bangsa Indonesia. Salah satu kegiatan yang termasuk dalam bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat adalah Kuliah Kerja Nyata ataupun kegiatan kerelawanan. 

Di masa pandemi COVID-19 ini Universitas Riau memfasilitasi mahasiswanya yg menjadi relawan di suatu organisasi ataupun desa dengan cara memberikan penilaian terhadap pengabdian apa yang telah dilakukannya terhadap Masyarakat. Salah satunya adalah TIM Kukerta Relawan Desa Lawan COVID-19 Kelurahan Kampung Besar Seberang, Kecamatan Rengat Indragiri Hulu. TIM Kukerta Relawan Desa lawan COVID-19 Kelurahan Kampung Besar Seberang terdiri dari 5 orang yaitu Dandi Novandri (Teknik Kimia), Feny Agustin (Teknik Lingkungan), Ana Wahyuni (Pendidikan Biologi), Fauzia Hayati (Agribisnis), Novrida Wulandari (Administrasi Publik).

Pada 22 Juni 2020, TIM Kukerta Relawan Desa lawan COVID-19 Kelurahan Kampung Besar Seberang melakukan Sosialisasi dan Edukasi tentang COVID-19, New Normal dan Protokol Kesehatan di Posyandu Kelurahan Kampung Besar Seberang. Kegiatan ini dilakukan dari pukul 09.00 hingga 12.00.

Ana Wahyuni, salah satu perwakikan TIM Kukerta Relawan mengatakan, "Kami sengaja memilih lokasi di Posyandu, karena mengingat lokasi yang pastinya ramai. Selain itu di posyandu juga ada ibu hamil dan balita yang termasuk golongan rentan terpapar COVID-19. Sehingga sosialisasi akan sangat efektif," jelasnya.

"Selain itu, ibu-ibu dan balita yang datang ke posyandu banyak yang tidak mengikuti protokol kesehatan yaitu tidak menggunakan masker," ujar Dandi, ketua TIM Kukerta Relawan.

Bu Pipin, Bidan Desa Kelurahan Kampung Besar Seberang mengatakan, "Saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada TIM Kukerta Relawan, kegiatan yang dilakukan sangat baik dan bermanfaat terutama untuk ibu-ibu dan balita yang datang ke Posyandu," ucapnya.

Harapan kedepannya semoga masyarakat sekitar selalu dapat menerapkan protokol kesehatan dan menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari Penyebaran COVID-19. (rls)

Editor
: Ruslan Efendi
Sumber
: datariau.com
Tag: