Service Motor Agar Tetap Prima, Bisa Dilakukan di Rumah, Ini Caranya..

Ruslan
166 view
Service Motor Agar Tetap Prima, Bisa Dilakukan di Rumah, Ini Caranya..
Foto: Net

DATARIAU.COM - Pengetahuan cara service motor sendiri di rumah sangat penting untuk perawatan kendaraan. Ini agar Anda dapat menjaga sepeda motor selalu dalam kondisi prima.

Kesibukan terkadang membuat Anda tidak sempat membawa motor ke bengkel untuk service berkala. Nyatanya service ringan di rumah sangat mudah dan dapat dilakukan siapa saja.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara service motor sendiri di rumah:

1. Persiapkan alat dan kunci

Untuk service motor sendiri di rumah siapkab alat dan kunci-kunci. Ini sangat berguna untuk membuka dan menyetel kembali part-part seperti body motor, baut mesin dan lainnya. Pastikan semua alat-alat lengkap.

2. Periksa filter udara

Hal sederhana yang dapat Anda lakukan dalam perawatan periksa filter udara motor. Komponen ini sangat penting untuk menyaring kotoran yang dapat menyumbat ruang bakar. Maka itu lakukan pembersihan secara berkala. Jika sudah kotor lebih baik lakukan penggantian filter udara yang baru.

3. Bersihkan Karburator

Motor jenis pembakaran karburator wajib servis berkala. Pastikan membongkar komponen ini dengan benar dan membersihkan semua kerak serta endapan sisa bahan bakar. Untuk hasil maksimal lakukan kembali pembersihan dengan menggunakan cairan khusus carburator cleaner.

4. Cek kondisi busi

Komponen busi juga perlu perhatian khususnya saat service motor di rumah. Gunakan sikat kawat dan cairan pembersih khusus untuk merontokan sisa pembakaran yang menempel pada busi. Jika membandel dan percikan listrik berkurang gantilah busi dengan yang baru untuk suplai api lebih maksimal.

5. Bersihkan ruang bakar

Langkah selanjutnya saat service motor sendiri di rumah membersihkan ruang bakar. Cara tersebut berlaku untuk pengguna motor tipe injeksi. Caranya cukup dengan membersihkan ruang bakar dengan menyemprotkan cairan khusus kedalam lubang vakum yang terletak di dalam box filter udara.

Ini untuk merontokan kotoran dan residu yang menempel pada ruang bakar. Cara itu menjamin bersih dan membuat tarikan motor normal kembali.

6. Ganti oli

Langkah berikut ini mutlak Anda lakukan jika sedang melakukan service berkala. Oli memiliki peranan penting untuk membuat performa motor tetap optimal. Maka itu lakukan penggantian oli secara berkala. Gunakan oli sesuai SAE dan rekomendasi pabrikan setiap 1.500-2.000 kilometer.