Peran Penting Etika Bisnis bagi Pengusaha di Era Digital

Admin
693 view
Peran Penting Etika Bisnis bagi Pengusaha di Era Digital
Ilustrasi (Foto: Int)

DATARIAU.COM - Kemajuan teknologi di abad 21 ini sangat dirasakan dan memiliki pengaruh yang sangat besar dalam dunia bisnis. Saat ini, sistem dan teknologi informasi dikelola dan sudah menjadi bisnis baru dalam layanan digital.

Bisnis digital yang laris di Indonesia mulai dari e-commerce, jasa transportasi, jasa perencanaan keuangan dan jasa optimalisasi situs. Seiring dengan persaingan yang ketat banyak pebisnis yang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan keuntungan tanpa memperhatikan etika dalam bisnis.

Etika bisnis merupakan suatu kode etika perilaku pengusaha berdasarkan nilai-nilai moral dan norma yang dijadikan tuntunan dan pedoman berprilaku dalam menjalankan kegiatan perusahaan atau bisnis. Etika bisnis merupakan kunci keberlanjutan perusahaan dalam jangka panjang.

Namun banyak pelaku bisnis yang melakukan pelanggaran etika bisnis seperti pencurian data perusahaan. Dimana pengawasan yang standar atau dibawah standar security dari penyimpanan data base perusahaan inilah yang sering terjadi atau mengalami kecurian yang mengakibatkan banyak kerugian secara finansial.

Tindakan spamming dalam bentuk komentar, seringkali para pelaku bisnis juga melakukan hal seperti men-tag calon konsumen secara acak, juga penipuan yaitu menggunakan foto produk orang lain tanpa meminta izin terlebih dahulu, bahkan yang lebih parah lagi tidak mengirimkan barang yang dipesan padahal sudah dibayar.

Praktek-praktek seperti ini sangat melanggar etika bisnis dan juga menurunkan minat juga kepercayaan masyarakat terhadap jual beli online. Etika bisnis dibutuhkan untuk membuat bisnis yang dijalankan lebih sustainable dengan dasar moral untuk menumbuhkan customer trust yang mana akan berefek pada loyalitas pengguna.

Para pelaku bisnis haruslah jujur, integritas, adil, ramah, janji untuk ditepati, kepedulian pada pelanggan, bertanggung jawab, menghargai pesaing dan mematuhi hukum yang ada serta berdedikasi yang tinggi.

Dengan mengimplementasikan etika dalam bisnis digital pengusaha akan memiliki daya saing yang tinggi hingga memiliki kemampuan dalam menciptakan nilai.

Untuk menerapkan etika dalam bisnis digital dapat dimulai pada saat awal pendirian perusahaan. Desain organisasi yang berlandaskan etika, desain platform teknologi yang menegakkan nilai etika dan karyawan yang mempunyai integritas.

Penulis: Elveria Rumaharbo (Mahasiswi Prodi Akuntasi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Riau)

Dosen Pembimbing: Agustiawan SE MSc Ak