Pentingnya Memperkuat Etika Bisnis di Masa Pandemi

Datariau.com
208 view
Pentingnya Memperkuat Etika Bisnis di Masa Pandemi

DATARIAU.COM - Etika bisnis merupakan tindakan yang dilakukan dalam kegiatan bisnis dengan tidak menyalahi aturan organisasi dan masyarakat. Dalam etika bisnis, setiap kegiatan harus dalam keadaan wajar dan sesuai dengam norma dan dan etika yang berlaku Wikipedia. Oleh karena itu etika bisnis harus diperkuat lagi apalagi di masa pandemi sekarang ini.

Shanti menegaskan etika bisnis menjadi pondasi penting dalam membangun nilai, budaya, perilaku, di dalam organisasi. Dengan menjalankan prinsip bisnis yang beretika, ujar Shanti, organisasi dapat memberikan dampak yang positif baik dalam maupun luar organisasi. Kaitannya dengan tanggung jawab moral, bisnis secara beretika dapat membuat praktik bisnis semakin transparan dan memberikan kontribusi positif bagi keberlangsungan bangsa.

Munculnya wabah penyakit ini menggemparkan seluruh dunia pada tahun 2019 hal ini berdampak pada bisnis dan ekonomi, sebagian usaha mungkin ada yang bisa mengambil keuntungan dan ada juga yang malah merugikan banyak pengusaha yang mengalihkan usaha di media online. Di situasi di tengah pandemi mendorong etika bisnis menjadi panduan menyelesaikan masalah dengan berbagai implikasinya. Dalam kondisi pandemi ini, sekali lagi etika bisnis menjadi kesintasan (daya tahan) organisasi. Hubungan antara profit, perubahan, dan dilema etika menjadi hal yang tidak dapat dihindarkan dalam pengambilan keputusan bisnis. Dengan etika diharapkan pemimpin bisnis dapat mengambil keputusan baik untuk menghadapi berbagai tantangan, baik di masa normal maupun di masa krisis.

Di masa mendatang kita mengharapkan etika bisnis dan penerapannya akan berjalan seiring antara kemajuan perusahaan dan kesejahteraan masyarakat. Berbasis etika bisnis di masa pandemi ini contohnya banyak perusahan terpanggil untuk memberikan bantuan seperti mendonasikan masker, APD dan hand sanitizer, baik melalui lembaga pemerintah maupun langsung kepada masyarakat.

Hal ini menunjukkan betapa peduli dunia bisnis dan juga memperlihatkan dunia bisnis tidak hanya memikirkan keungan tetapi juga memiliki kepedulian lingkuangan di sekitarnya. Praktisi dan akademisi etika bisnis dan membahas serta mencari solusi dari isu- isu yang terjadi di industri kaitannya dengan implementasi etika bisnis di organisasi. Masyarakat juga dapat diharapkan memperkuat peran serta dalam membangun bisnis beretika dan berintegritas.

Disusun oleh: Suhenni dan Rian Fitriyeni (Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau)

Pembimbing: Agustiawan SE MSc AK