Izin Belum Selesai, Bangunan Tower Sudah Dimulai

Admin
1.301 view
Izin Belum Selesai, Bangunan Tower Sudah Dimulai
Foto: Internet
ILUSTRASI.

RENGAT, datariau.com - Berdasarkan peraturan yang telah ditetapkan, setiap pembangunan menara telekomunikasi wajib memiliki izin. Namun belakangan ini, kebanyakan yang terjadi izin belum selesai namun pembangunan sudah dimulai.

Izin ini didapatkan dari dinas terkait sesuai rekomendari Lurah dan Camat, kemudan memperhatikan aspirasi dari warga yang bermukim di radius menara telekomunikasi tersebut berada, maka izin ini berdasarkan izin dari warga setempat, saat itu tidak ada, maka rekom dari lurah dan camat pun dipastikan tidak bisa keluar.

Seperti halnya pembangunan menara telekomunikasi atau tower PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) di RT 001 RW 001 Kelurahan Tanjung Gading Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Inhu.

Pembangunan di daerah tersebut dikatakan bahwa lurah dan camat kurang cermat dalam mengeluarkan rekom untuk pendirian tower.

"Karena beberapa warga yang bertandatangan tidak pada radius 50 meter. Ini artinya, lurah maupun camat tidak cermat meneliti berkas yang diusulkan Protelindo," terang Tokoh Masyarakat Kabupaten Inhu, yang juga mantan Anggota DPRD Inhu Hatta Munir, kepada datariau.com, Ahad (11/2/2018) di Air Molek.

Wajar, kata Hatta Munir, selama ini pengurusan administrasi di Kabupaten Inhu terkesan amburadul. "Pejabat setara lurah dan camat saja bisa tidak cermat, warga yang bertandatangan di rekom pembangunan menara Protelindo adalah salah satu bukti bahwa administrasi yang amburadul," sesal Hatta Munir.

"Kita minta lurah maupun camat dan BPMD-PPT Inhu untuk mengkaji ulang rekom pembangunan menara Protelindo sebelum izin dikeluarkan," pintanya.

Sambung Hatta Munir, selain permasalahan pada rekom, diduga ada beberapa tandatangan warga yang dipalsukan dalam rekom tersebut, dan saat ini juga sedang terjadi konflik dengan warga yang radius 50 meter.

"Kita minta lurah dan camat maupun BPMD-PPT dan juga Bupati Inhu untuk mengambil tindakan tegas terkait pembangunan menara Protelindo. Saya tegaskan sampai saat ini pembangunan menara Protelindo belum ada kantongi izin," pungkas Hatta Munir.

Penulis
: Heri
Editor
: Angga
Sumber
: Datariau.com
Tag: