Anggota Komisi IV Sarankan DLHK Ubah Kesepakatan Dengan Pihak Ketiga: Angkut Sampah Langsung dari Rumah

Ruslan
220 view
Anggota Komisi IV Sarankan DLHK Ubah Kesepakatan Dengan Pihak Ketiga: Angkut Sampah Langsung dari Rumah
Foto: Khumar Mahendra
Anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru, Roni Pasla.

PEKANBARU, datariau.com - Anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru, Roni Pasla mengatakan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan kembali menggunakan konsep swastanisasi dengan melibatkan pihak ketiga untuk pengangkutan sampah di tahun 2022.

"Dimulai (pengangkutan sampah) pada bulan Januari setelah habis kontrak dengan pihak ketiga tahun 2021," kata Roni, Senin (25/10/2021).

Lanjutnya, Roni mengatakan Pemko menyiapkan anggaran sebesar 58 miliar untuk pengangkutan sampah setelah diadakan MoU APBD tahun 2022, dan proses lelang dengan pihak ketiga sudah bisa dilakukan.

"Tanggal 1 Januari itu sudah langsung dikerjakan dengan pihak selanjutnya," tambahnya.

Politisi PAN ini mendesak agar Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru bisa segera melakukan lelang sehingga setelah kontrak kerja bersama PT Samhana Indah dan PT Godang Tua Jaya berakhir pengangkutan sampah tidak terputus.

"Begitu mereka habis sudah ada pemenang lelang selanjutnya sehingga tidak terputus begitu," tambah Roni

Roni juga menyarankan DLHK agar bisa membuat kesekapatan atau kontrak yang jelas dengan pihak ketiga supaya tidak ada permasalahan dalam pengangkutan sampah.

"Misalnya pengambilan sampah dari pihak ketiga harus ke rumah masyarakat dan tidak lagi hanya diambil dari sumber sampahnya," ujarnya.

Mengingat pihak ketiga tidak mampu menjangkau pengambilan sampah kawasan perumahan masyarakat, Roni menyarankan pihak ketiga wajib bekerjasama dengan pihak lain sebagai perpanjangan tangan pihak ketiga.

"Pihak ketiga bisa bekerjasama dengan pihak-pihak mandiri, dan bisa mengurangi angka pengangguran di Pekanbaru," tutupnya. (mar)

Penulis
: Khumar Mahendra
Editor
: Ruslan Efendi
Sumber
: Datariau.com