IAKMI Cabang Rokan Hilir Taja Sosialisasi Pencegahan Covid-19 Pada Anak

Samsul
148 view
IAKMI Cabang Rokan Hilir Taja Sosialisasi Pencegahan Covid-19 Pada Anak
Foto: ist

ROKANHILIR, datariau.com -Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Cabang Kabupaten Rokan Hilir melakukan sosialisasi pencegahan Covid-19 pada Anak. Kegiatan ini Bertempat di Aula RSUD dr Pratomo Bagansiapiapi, Rabu (29/9/2021).

Pemateri dalam hal ini disampaikan oleh Ketua Dewan Pakar Bidang Pelayanan Kesehatan Masyarakat IAKMI Cabang Kabupaten Rokan Hillir yakni dr Suratmin MKes (Ped) SpA.

"Tekanan dan beban mental saat menjalani pandemi pasti tidak mudah bagi anak-anak Indonesia terkhusus juga di Kabupaten Rokan Hilir, dan yang paling membuat sedih, beberapa dari anak kehilangan orang tua mereka yang tidak dapat diselamatkan saat menderita Covid-19,” ujar Ketua Dewan Pakar Pelayanan Kesehatan Masyarakat, dr Suratmin.

"Karena itu, justru pada masa pandemi, anak Indonesia harus makin kita lindungi, agar masa depan mereka, yaitu masa depan kita juga, jauh lebih baik,” ungkap dr Suratmin.

Lanjut dr Suratmin menyampaikan, anak-anak merupakan salah satu kelompok rentan yang harus dilindungi. Menjaga kesehatan anak di rumah harus dilaksanakan oleh semua pihak terutama orang tua.

Senanda dengan hal ini Ketua Umum IAKMI Cabang Kab Rokan Hilir, Harjana Nanang Suryadi SKM, berharap kegiatan pencegahan penanggulangan penyakit kesehatan kepada masyarakat mengarah kepada promotif dan preventif tetapi tanpa mengenyampingkan kuratif.

“Tenaga kesehatan masyarakat memiliki kemampuan dalam memahami pola-pola promotif dan preventif pencegahan dan penanggulangan penyakit di masyarakat. Itu diperlukan dalam merancang program dan kebijakan untuk mempercepat penanganan pencegahan penyakit di masyarakat,” jelas Ketua IAKMI Rokan Hilir, Harjana Nanang Suryadi SKM.

“Kedepannya kita IAKMI akan terus melaksanakan upaya-upaya untuk memutus mata rantai penularan-penularan penyakit yang berkembang di masyarakat dan tentunya tetap mendukung program pemerintah yakni Kementerian Kesehatan RI khususnya Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir yakni Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hilir,” tutup Harjana Nanang Suryadi SKM.

Penulis
: Muhammad Rizki, SKM (Sekretaris IAKMI Cab. Rokan Hilir)
Editor
: Samsul
Sumber
: Datariau.com