Warga Duri Harus Perhatikan Protokol Kesehatan Meskipun New Normal

219 view
Warga Duri Harus Perhatikan Protokol Kesehatan Meskipun New Normal
Foto: Ist

DURI, datariau.com - Covid-19 atau yang sering disebut virus corona adalah suatu virus yang menyerang saluran pernafasan atau disebut pneumonia, virus ini bisa menyebabkan kematian. Gejala awal dari virus ini demam, batuk kering, perasaan tidak enak dan merasa kelelahan. Dilansir dari kompas.com Who menyebut Virus ini sebagai pendemi karena virus ini sudah menyebar keseluruh Dunia.  

Awalnya virus ini diperkirakan berasal dari Wuhan, China. Dilansir dari Kompas.com pertanggal 17 Juni 2020 saat ini kasus posistif corona didunia sudah mencapai 8,2 juta orang yang sudah terinfeksi. Sedangkan di Indonesia Kasus corona terus meningkat Juru Bicara Penangan Covid 19 Ahmad Yurianto mengatakan pertanggal 17 Juni 2020 Kasus positif corona sebanyak 41.431.

Covid 19 ini sudah menjadi ancaman besar diseluruh dunia termasuk juga diindonesia

Pemerintah di Indonesia sendiri sudah mengambil langkah untuk menghambat laju penyebaran covid-19 ini mulai dengan menerapkan Fisikal Distancing dengan menjaga jarak dan Penerapan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar dimulai dengan meliburkan sekolah dan kampus, dan menutup beberapa perusahaan yang menjalankan bisnis termasuk Mall, pembatasan kegiatan keagamaan serta membatasi  kegiatan diluar atau aktivitas umum. DKI Jakarata menjadi provinsi pertama yang menerapakan PSBB pada Tanggal 10 April 2020. 

Termasuk Provinsi Riau yang mendapat persetujuan PSBB oleh Menteri Kesehatan pada tanggal 12 Mei 2020 dan Penerapan PSBB dilakukan pada tanggal 17 Mei 2020.

Pasca Penerapan PSBB terjadinya perubahan dibeberapa sektor. Salah satunya pada sektor Ekonomi. Seiring berjalannya waktu dengan karantina di rumah dianggap tidak bisa menjaga keseimbangan ekonomi. Sehingga dibeberapa negara telah melonggarkan kebijakan PSBB termasuk di Indonesia. Pemerintah mengambil langkah untuk memulihkan perekonomian dengan tatanan hidup baru atau yang disebut New Normal.

Masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa tetapi harus tetap menjaga jarak, mengurangi kerumunan dan tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker.

Penerapan New normal ini kesadaran masyarakat masih kurang. Diketahui di daerah Kecamatan Mandau Kelurahan Duri Barat saat ini meskipun telah menerapkan sistem new normal masih banyak masyarakat yang enggan mematuhi protokol kesehatan, masih banyak yang berkerumun, serta enggan menggunakan masker saat keluar rumah. Padahal yang terjadi saat ini penularan masih sangat mungkin terjadi. Banyak masyarakat yang tidak sadar keadaan saat ini masih belum stabil.

Diketahui bahwa di Duri Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui tim gugus tugas percepatan penanggulangan Covid-19 menggelar rapid test pada tanggal 11 juni 2020. Rapid test ini dilakukan didua tempat yakni di Mall Mandau dan Pasar Duri Dengan hasil salah satu warga duri terkonfirmasi positif corona. Dikatakan Jubir tugas percepatan penanganan Covid-19 dr. Indra Yopi, hal ini mencerminkan bahwa kita tidak boleh puas dengan angka angka, walaupun jumlah angka kesembuhan di Riau meningkat.

Dengan hal ini masyarakat perlu aktif untuk mendeteksi dini penyebaran virus corona dengan menerapkan pola hidup sehat. Bahwa penerapan new normal ini masyarakat harus memperhatikan protokol kesehatan dengan menggunakan masker saat keluar rumah, sering mencuci tangan, menjauhi segala kerumunan, menjaga jarak fisik antar sesama sehingga dengan kesadaran yang tinggi laju penyebaran covid-19 ini bisa diatasi dan kita sama-sama berjuang melawan pandemi ini. Perlu adanya kesadaran dari diri masyarakat mengenai bahaya covid-19.(rls)

Penulis
: Jihadul Ramadhan
Editor
: Ruslan Efendi
Sumber
: datariau.com
Tag: