Tingkatkan Kualitas Pelayanan Posyandu,

Pertamina TBBM Sei Siak dan PKPU HI RIAU Berikan Training untuk Para Kader Posyandu

Ruslan
702 view
Pertamina TBBM Sei Siak dan PKPU HI RIAU Berikan Training untuk Para Kader Posyandu
Foto: Ist
PT Pertamina TBBM Sei Siak dan PKPU Human Initiative Riau berikan Training kepada kader Posyandu di Aula Dinas Kesehatan Provinsi Riau, (22/9/17).

PEKANBARU, datariau.com - Untuk meningkatkan kualitas pelayanan Posyandu, PT Pertamina TBBM Sei Siak dan PKPU Human Initiative Riau berikan Training kepada kader Posyandu di 3 Kecamatan. Yaitu kader posyandu dari Kecamatan Payung Sekaki, Rumbai Pesisir, dan Kecamatan Limapuluh, kegiatan ini dilaksanakan di Aula Dinas Kesehatan Provinsi Riau, (22/9/17).

Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar. Mengingat peran posyandu yang sangat besar, maka peningkatan kualitas pelayanan posyandu harus terus diupayakan. Untuk itu PT Pertamina TBBM Sei Siak dan PKPU Human Initiative Riau memberikan Training terhadap kader Posyandu di kecamatan Payung Sekaki, Kecamatan Rumbai Pesisir, dan Kecamatan Limapuluh. Sebanyak 40 orang kader posyandu sangat antusias mengikuti pengkapasitasan dari awal hingga selesai. 

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Iswadi, SKM M KL selaku kepala puskesmas Limapuluh Kota Pekanbaru. Ibu-ibu kader posyandu diberikan pengetahuan dengan 5 materi pengkapasitasan kader yang terdiri dari: cerdas memberikan nutrisi pada ibu hamil, motivasi kader posyandu, peran kader posyandu, tekhnik penulisan administrasi SIP, dan cerdas menjaga kehamilan. 

Kegiatan ini menghadirkan pemateri dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau yaitu Ibu Rozita selaku ketua promkes provinsi Riau, Ns Agrina S Kep M Kep Phd dari dosen Fakultas Keperawatan Unri, dr Citra Yuni dan Isra maretfa S Gz dari Puskesmas Limapuluh, dan Nova Yulita S ST M Keb dari dosen D3 Kebidanan Abdurrab. Dalam pengkapasitasan ini, kader posyandu tidak hanya  mendapatkan penjelasan materi namun peserta juga diajak oleh pemateri untuk diskusi dan bermain role play atau bermain peran saat memberikan penyuluhan. Metode bermain peran ini dipraktekkan langsung oleh kader posyandu, dan didampingi oleh pemateri untuk mengoreksi secara langsung peran yang dilakukan sudah sesuai seharusnya atau perlu diperbaiki atau ditingkatkan.  

"Terima kasih banyak kepada PT Pertamina TBBM Sei Siak beserta PKPU human initiative Riau yang telah menjadikan wilayah puskesmas kami sebagai binaan program CSR di bidang kesehatan. Semoga program ini dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama untuk ibu hamil dan bayi/balita. Kami juga berharap, kegiatan ini dapat dikembangkan dengan inovasi-inovasi yang kreatif di posyandu untuk mengajak ibu bayi/balita tetap hadir ke posyandu memeriksakan bayi balitanya." ucap Iswadi SKM M KL selaku Kepala Puskesmas Limapuluh Kota Pekanbaru. (rls)

Editor
: Ruslan Efendi
Sumber
: datariau.com