Perluasan Ruang Tunggu Puskesmas Perawang, Drg Nedra: Sistem BLUD Dan Melalui Aturan BPKP

Hermansyah
777 view
Perluasan Ruang Tunggu Puskesmas Perawang, Drg Nedra: Sistem BLUD Dan Melalui Aturan BPKP
Dokumentasi (istimewa) Puskesmas Perawang.

SIAK, datariau.com - Perihal perluasan (penambahan) ruang tunggu bagi pengunjung di Puskesmas Perawang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, Sabtu (3/8/2019) kemarin.

Kepala Puskesmas Perawang drg Nedra menjelaskan kepada awak media ini, Selasa (6/8/2019) pagi. Perkenaan dengan semakin banyaknya pengunjung dengan ruang tunggu yang tidak memadai. Maka dengan diperluasnya ruang tunggu itu, dapat menampung pengunjung setiap harinya.

"Semenjak pindahnya Puskesmas Perawang kesini lagi, pengunjung Puskesmas saat ini semakin ramai dan rata-rata pengunjung, khususnya di hari Senin hingga mencapai 120 orang. Untuk hari biasa itu mencapai 70-80 orang," kata drg Nedra.

Dan kalaulah ruang tunggu kita hanya segitu (kecil), kata Nedra, dan tidak memadai mana mungkin dapat menampung pengunjung (pasien) setiap harinya sebanyak saat ini.

"Tujuan kami memperluas itu untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, soal yang kemarin di pertanyakan itu, setelah di SK kan oleh Bupati Puskesmas ini menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD)," jelasnya.

Dan BLUD ini, terang Nedra, anggarannya itu bersumber dari Pemda Siak melalui dana operasional rutin, kemudian dari Kapitasi BPJS dan yang terakhir itu retribusi dari pasien bukan peserta BPJS. Perlu saya terangkan, jadi kita ini tidak pungli semua penarikan ini melalui pola tarik yang telah disetujui oleh Bupati," ungkapnya.

Sebab karena telah BLUD, lanjut Kepala Puskesmas Perawang itu, maka sistemnya pun berubah dan untuk memperingkas jalur birokrasi. Makanya, kami dapat membangun ruang tunggu itu, dan sudah melalui BPKP.

"Makanya kita tidak melibatkan pihak ketiga untuk melakukan pemeliharaan gedung, perbaikan dan memperindah (mempercantik) puskesmas ini, dan itu anggaranya dibawah Rp50 juta," imbuh drg Nedra kepada datariau.com saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (6/8/2019) pagi.

Intinya, Puskesmas Perawang ini berusaha untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat (pasien). Puskesmas Perawang saat ini memiliki Poli Umum, Lansia, Ibu dan Anak, UGD, Poli TB, Poli Gigi dan Poli VCT (pemeriksaan HIV/AID).

Berita ini berkaitan dengan pemberitaan sebelumnya, dengan judul Puskesmas Perawang Bangun Ruang Tunggu Pasien Pakai Anggaran Sendiri, Kok Bisa?.

Editor
: Hermansyah
Sumber
: Datariau.com