Daftra Militer Terkuat di Asia Tenggara, Indonesia Urutan Pertama

Ruslan
93 view
Daftra Militer Terkuat di Asia Tenggara, Indonesia Urutan Pertama
Prajurit TNI saat upacara perayaan HUT TNI ke-74 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, September 2019./ TEMPO/Hilman Fathurrahman

DATARIAU.COM - Halaman utama Global Firepower yang merupakan situs pemeringkat militer dunia, kekuatan militer Indonesia menempati posisi ke 16 dari 140 negara di seluruh dunia pada tahun 2021. Sekaligus meletakkan kekuatan militer Indonesia pada peringkat teratas di Asia Tenggara. Sedangkan diurutan ke 15 ada kekuatan militer Jerman dan posisi ke 16 diduduki oleh kekuatan militer Saudi Arabia.

Kekuatan militer Indonesia memperoleh skor power indek sebesar 0,2684 poin dari Global Firepower. Dengan jumlah angka kemenangan tersebut artinya kekuatan militer Indonesia hampir serupa dengan kekuatan militer negara maju.

Perlu diketahui bahwa untuk mengisyaratkan makin tinggi tingkatan milier suatu negara maka artinya skor power indek negara tersebut semakin kecil. Begitu juga sebaliknya, apabila skor power indek yang diperoleh semakin besar, maka makin rendahlah peringkat militernya.

Lebih dari 50 indikator menjadi faktor penilaian Global Firepower untuk menghitung skor power index tiap negara. Negara-negara kecil yang memiliki kelebihan dalam perhitungan di beberapa indikator menjadi keunggulan mereka untuk bersaing dengan negara-negara yang lebih maju.

Selain Indonesia, beberapa negara di Asia Tenggara juga turut berpartisipasi dalam pemeringkatan kekuatan militer oleh Global Firepower. Sembilan dari 11 negara tersebut ialah:

1. Indonesia menempati peringkat pertama sebagai negara yang memiliki militer paling kuat se Asia Tenggara, sekaligus menduduki posisi ke 16 dunia dengan perolehan poin sebesar 0,2684.

2. Vietnam berada di urutan kedua setelah Indonesia se Asia Tenggara, sama seperti tahun sebelumnya. Dengan nilai sebanyak 0,4189, kekuatan militer Vietnam menempati tingkat ke 24 dunia.

3. Thailand mempunyai skor sebesar 0,4427. Poin tersebut menghantarkan negara ini pada urutan ketiga di Asia Tenggara dan peringkat ke 26 dunia.

4. Myanmar se Asia Tenggara menempati posisi keempat dengan nilai sebanyak 0,6521.

5. Singapura dengan skor sebesar 0,4566 berhasil menduduki tingkat kelima di Asia Tenggara.