Wabup Rohil Ingatkan Disdukcapil: Tingkatkan Pelayanan, Jangan Ada Pungli!

Ruslan
984 view
Wabup Rohil Ingatkan Disdukcapil: Tingkatkan Pelayanan, Jangan Ada Pungli!
Foto: Net
Wakil Bupati (Wabup), H. Sulaiman SS, MH.

BAGANSIAPIAPI, datariau.com - Wakil Bupati (Wabup), H. Sulaiman SS, MH meminta kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Demikian dikatakan Sulaiman, pada Rabu (30/6/2021) diruang kerjanya. Pelayanan ujarnya merupakan salah satu program 100 hari kerja Bupati dan wakil Bupati Rohil, Afrizal Sintong-H sulaiman.

Sulaiman mengatakan, kalau pelayanan merupakan prioritas utama dalam pemerintahan. Maka dari itu, mulai dari tingkat kelurahan/kepenghuluan, Kecamatan hingga ke ibukota kabupaten harus ditingkatkan sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa berjalan dengan maksimal.

Untuk di Disdukcapil katanya tempat pelayanan orang mendaftar pengurusan berbagai dokumen kependudukan harus bersih, kalau perlu letakkan permen dimeja agar masyarakat merasa nyaman saat berurusan.

"Yang utama itu adalah toilet harus dijaga kebersihannya, jangan sampai toilet Disdukcapil kalah dengan toilet yang ada di SPBU," tuturnya.

Sulaiman juga membeberkan kalau dirinya sudah tiga kali melewati Disdukcapil Rohil dan selalu terlihat sepi dari pelayanan. "Pukul 08.30 saya lewat kantor capil masih sepi, kendaraan yang terparkir bisa dihitung," ungkapnya.

Sulaiman juga menegaskan jangan ada pungutan liar (Pungli) dalam pengurusan dokumen kependudukan. "Jangan sampai nanti ada laporan terkait pungli, apabila ini terjadi maka oknumnya akan diberikan sangsi tegas," ucapnya.

Namun ia optimis kalau Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di Rohil memiliki potensi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Jangan sampai nunggu telpon berdering dari pimpinan baru mengatakan Siap, Siap!!," kata Sulaiman.

Selain pelayanan di disdukcapil katanya lagi, pelayanan di Rumah Sakit, Puskesmas, Pustu dan pelayanan kesehatan lainnya juga harus ditingkatkan. "Jangan sampai nantinya ada masyarakat yang mengeluh tentang pelayanan kesehatan," pesannya.

Editor
: Ruslan Efendi
JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)