Harga Emas Makin Mahal

Ruslan
123 view
Harga Emas Makin Mahal
Penampakan emas batangan di gerai Butik Emas Antam di Jakarta, Jumat (5/10). Pada perdagangan Kamis 4 Oktober 2018, harga emas Antam berada di posisi Rp 665 ribu per gram. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

DATARIAU.COM - Harga emas naik lebih dari 1 persen pada perdagangan Jumat ke level tertinggi hampir dua bulan. Kenaikan harga emas ini karena nada dovish bank sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve (The Fed) pada suku bunga minggu ini mengangkat permintaan untuk logam safe-haven tersebut.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (6/11/2021), harga emas di pasar spot naik 1,2 persen menjadi USD 1.813,36 per ons pada 13:45. ET (17:45 GMT), pulih dari penurunan 0,3 persen yang dipicu oleh data tenaga kerja AS yang meningkat lebih dari yang diharapkan pada Oktober.

Sedangkan harga emas berjangka AS untuk pengiriman Desember ditutup naik 1,3 persen ke USD 1,816,80 per ounce.

"Terlepas dari laporan pasar tenaga kerja yang kuat, itu tidak akan mengubah apa yang ditunjukkan oleh Ketua Federal Reserve Jerome Powell minggu ini," kata Analis Pasar Senior OANDA, Edward Moya.

Federal Reserve pada hari Rabu berpegang teguh pada pandangannya bahwa inflasi akan terbukti sementara dan kemungkinan tidak akan memerlukan kenaikan suku bunga yang cepat. Setelah itu, Bank of England mengejutkan pasar dengan mempertahankan suku bunga.

Suku bunga mendekati nol untuk memacu pertumbuhan ekonomi selama pandemi COVID-19 telah mendorong harga emas ke level tertinggi baru selama dua tahun terakhir, karena kebijakan moneter yang mudah memangkas biaya peluang memegang aset yang tidak memberikan imbal hasil.