Dampak Bongkar Muat Terhenti, Pengusaha se-Kecamatan Tualang Minta Kebijakan Pemerintah Setempat...

Hermansyah
747 view
Dampak Bongkar Muat Terhenti, Pengusaha se-Kecamatan Tualang Minta Kebijakan Pemerintah Setempat...
Lintas pengusaha se-Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau.

SIAK, datariau.com - Dampak aktifitas bongkar muat yang sempat terhenti beberapa waktu lalu. Puluhan pengusaha se-Kecamatan Tualang, meminta kebijakan terbaik dari Pemerintahan Kecamatan Tualang maupun Pemerintahan Kabupaten Siak.

Hal itu, disampaikan oleh salah seorang perwakilan lintas pengusaha yang ada di Kecamatan Tualang saat ini, pada Kamis (13/6/2024) malam.

Seluruh pengusaha (pemilik usaha/toko) di Kecamatan Tualang menyampaikan dengan persoalan ini, stok barang yang ada di gudang hampir habis. Sedangkan suplai barang masih ada di kontainer pun belum dapat dilakukan pembongkaran.

"Stok barang kita di toko hampir habis, tentu kita ingin ambil buruh dari luar butuh biaya lebih, dan barang yang ada di kontainer untuk dibongkar saat inipun masih terhambat," kata puluhan pengusaha se-Kecamatan Tualang tersebut.

Dikatakan para pengusaha, bila stok barang toko hampir habis, tentu dapat menghambat roda perekonomian untuk sampai kepada konsumen. Dan berharap adanya solusi atau kebijakan terbaik dari pemerintahan setempat.

"Intinya, kita pengusaha tidak menghalangi siapa saja yang ingin mencari dan mendapatkan rezeki disini," tandas para pengusaha kepada media ini.

Sementara untuk bahan pokok, seperti sembako, jika seperti ini dapat diperkirakan akan terjadinya kelangkaan dan kenaikan harga. Karena untuk di dapatkan dari luar susah, ditambah mulai menipisnya stok barang yang ada di gudang.

"Karena hal ini, berdampak pada perputaran ekonomi, terutama pada penyaluran bahan pokok kepada konsumen," ungkap para pengusaha saat ini.

"Kita ingin menggunakan tenaga buruh bongkar muat secara pribadi. Keinginan kita ini, tentu harus mendapatkan dukungan, baik dari pemerintah, instansi maupun kepolisian setempat," harap pengusaha dengan kompak.

"Kami berharap dapat memperkerjakan buruh bongkar muat secara pribadi nanti dalam memenuhi kebutuhan ditengah masyarakat, mulai dari stok bahan pokok maupun bahan baku lainnya," ujar para pengusaha.


Sebelumnya, pengusaha mencoba menggunakan jasa buruh bongkar muat dari pemuda atau warga tempatan dengan catatan ada surat resmi yang dikeluarkan pemerintah atau Ketua RT/RW setempat.

"Begini domisili itu artinya asli Kecamatan Tualang bukan luar Tualang. Saya sempat menggunakan jasa buruh bongkar muat secara pribadi (person), dengan jasa warga atau pemuda setempat sampai selesai aktifitas bongkar muat tersebut," jelas pengusaha.

Selain itu, ada solusi lain demi keamanan bersama saat menggunakan jasa bongkar muat agar menghubungi pihak kepolisian setempat sebagai pengamanan di lokasi tersebut.

"Saya berdasarkan pengalaman, siapa yang saya panggil (telpon), silahkan bongkar barang saya, itu saja. Dan minta pengawalan aparat kepolisian," pungkas pengusaha lagi.

Pengusaha se-Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau, Kamis (13/6/2024) malam, menginginkan keputusan terbaik dalam mencarikan solusi dan kebijakan yang dapat membantu seluruh pengusaha yang ada di Kecamatan Tualang.

Selanjutnya, pengusaha se-Kecamatan Tualang akan menyampaikan surat permohonan kepada pemerintahan, instansi maupuan kepolisian agar dapat melakukan kegiatan bongkar muat secara pribadi di tempat usaha yang telah mereka tekuni puluhan tahun tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Camat Tualang Mursal SSos menyampaikan kepada pengusaha yang ada di Kecamatan Tualang, untuk jasa bongkar muat dapat dilakukan secara pribadi dengan menggunakan tenaga kerja setempat atau sesuai keinginan pengusahan itu sendiri.

"Silahkan pengusaha berdayakan pekerja untuk bongkar muat atau menggunakan jasa orang secara pribadi bukan atas nama kelompok tertentu," jelas Camat Tualang.

Disampaikan Camat Tualang, saat melakukan kerjasama atau aktifitas bongkar muat nanti dapat menghubungi pemerintah setempat maupun aparat kepolisian demi keamanan selama proses tersebut.

"Kita tidak melarang setiap pengusaha untuk menggunakan jasa bongkar muat secara pribadi. Silahkan, jangan mengatasnamakan dua kelompok ini," pungkasnya.(***)

JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)