Bersama Bupati Meranti, BRGM RI Paparkan Program Strategis Restorasi Gambut Cegah Karhutla

Ruslan
216 view
Bersama Bupati Meranti, BRGM RI Paparkan Program Strategis Restorasi Gambut Cegah Karhutla
Foto: Syahputra
BRGM RI paparkan program strategi restorasi gambut untuk cegah karhutla bersama Bupati Meranti.

KEPULAUAN MERANTI, datariau.com - Bupati didatangi BRGM RI (Badan Restorasi Gambut dan Magrub) dalam rangka silahturahmi dan menjelaskan informasi data terkait Gambut yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti, Selasa (08/06/2021).

Bupati Meranti menyapaikan paparan kondisi di Kabupaten Kepulauan Meranti dengan BRGM RI mengatakan selamat datang ke Kabupaten Kepulauan Meranti, jadi untuk kondisi disini 90% adalah lahan gambut, kemudian saya mengharapkan kedepanya kita bisa bisernergi dalam menangani gambut yang ada disini. Selanjutnya dia menjelaskan 7 program Strategis kepada BRGM untuk menyingkronisasikan sesuai dengan program BRGM (Badan Restorasi Gambut dan Magrub).

Pada kesempatan itu pihak (BRGM) Dr Tris Aditian Bagian Konstruksi, mengatakan, "Kami sesuai dengan pepres 2020 sesuai dengan restorasi gambut saya dengar mau dihapus pada waktu 2020 kalau ngak salah, makanya kami luruskan dengan BRGM (Badan Restorasi Gambut Mangrub), jadi ada 4 deputi yang baru dilantik dijajaran BRGM, saya juga membawa ekselon kita Deputi 2 yang menangani seluruh Sumatra dalam penanganan gambut ini, kemdian saya juga membawa pak Budi Sarjono untuk bagian Riau, saya juga mebawa orang ITB, dan kita membawa tim," jelasnya.

"Kedatangan kita kemari dengan tujuan ingin menyampaikan bahwa progres-progres, kegiatan yang kita lakukan di Meranti adalah melakukan penelitian gambut, dan ini perlu kita jaga sama-sama karna gambut ini mengandung karbon, tugas dari BRGM ini adalah melakukan pencegahan dari Karlahut makanya kita jaga agar tetap lembab, kita sudah melakukan di Desa Kundur, Desa Mantiasa, Mekong Tanjung Pranap, Lukun dan lainya. Kemudian kita juga membawa peneliti ada budidaya sagu dan jahe," beber Dr Tris Aditian.

Selanjutnya pihak BRGM (Badan Restorasi Gambut dan Gambut) menjelaskannya beberapa program kepada Bupati Meranti H Muhammad Adil SH, Dr Tris Aditian menjelaskan kita akan membuat kanal dengan embung-embung dengan cara di sekat-sekat, kemudian dia juga menjelaskan kalau untuk iskafator kita menyarankan diusulkan saja kepada BNPB.

Dari informasi yang didapat menurut data

Kegiatan restorasi gambut di Kabupaten Kepulauan Meranti tahun 2021 meliputi pembangunan sekat kanal dan revitalisasi sumber mata pencaharian masyarakat yang tersebar di Pulau Padang, Pulau Tebing Tinggi, dan Pulau Rangsang. Kegiatan pembangunan sekat kanal sejumlah 15 unit yang dilakukan oleh 3 Kelompok Masyarakat Kegiatan revitalisasi sumber mata pencaharian masyarakat.

Kegiatan sejumlah 5 paket yang dilakukan oleh 5 Kelormpok Masyarakat, Restorasi tahun Kegiatan pengembangan sagu tahun 2021,meliputi Kegiatan Pemeliharaan Tanaman Sagu 195 Ha, Anggaran 2021 Pengembangan Penanaman Sagu 105 Ha Pengembangan Produk Sagu 4 Paket

Kegiatan ini melibatkan 24 Kelompok Masyarakat dari 11 Desa yang ada di Kecamatan Merbau Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Swakelola (SPKS) antara Pejabat Pembuat Komitmen 3 dengan Kelompok Masyarakat telah dilakukan pada 31 Mei 2021.

Kemudian Bupati H Adil menyarankan, kalau seandainya tidak ada isfafator maka jika musim panas akan terbakar maka akan rugi, pengalaman saya kalau pada saat musim kemarau tanah itu kering semua, makanya pihak BRGM harus siapkan (Embung) karna supaya program bapak tidak sia-sia. Selanjutnya Bupati Meranti juga minta sesuai arahan Presiden RI agar kita besenergi dalam menjalan sesuatu yang berhubungan untuk membagun suatu daerah.

Kemudian pihak BRGM (Badan Restorasi Gambut dan Magrub) meminta dukungan kepada Bupati Meranti H Muhammad Adil SH dalam menjalankan program-program yang akan dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Meranti, dan ucapankan selamat atas terpilihnya menjadi Bupati serta ucapkan terima kasih karna telah menyabut kedatanganya kita disini. (put)

Penulis
: Syahputra
Sumber
: Datariau.com