Alfedri Dampingi Bunda PAUD Siak Membuka Kegiatan Peringatan HAN 2021

Hermansyah
114 view
Alfedri Dampingi Bunda PAUD Siak Membuka Kegiatan Peringatan HAN 2021
Bunda PAUD Kabupaten Siak Hj Rasidah Alfedri.

SIAK, datariau.com - Bupati Siak Drs H Alfedri MSi dampingi Bunda PAUD Kabupaten Siak Hj Rasidah membuka kegiatan Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tingkat Kabupaten Siak Tahun 2021 secara virtual berlangsung di ruang rapat Zamrud, Komplek Perumahan Abdi Praja, Kamis (22/7/2021).

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wakil TP-PKK Kabupaten Siak Ananda Laila Putri Husni Merza, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Siak, Ketua Pokja Bunda PAUD beserta pengurus, Ketua HIMPAUDI Siak.

Tampak mengikuti pada layar hadir Ketua TP-PKK Kecamatan se-Kabupaten Siak beserta pengurus, Ketua IGTK Kecamatan Se-Kabupaten Siak, Ketua HIMPAUDI Kecamatan se-Kabupaten Siak, anak-anak TK, serta PAUD non formal yang didampingi bundanya utusan kecamatan se-Kabupaten Siak.

Bupati Siak Drs H Alfedri MSi dalam sambutannya menyampaikan, Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) setiap tahunnya adalah untuk membangun komitmen dan memperbaharui berbagai konsep serta kebijakan, terkait bagaimana dapat memenuhi hak-hak anak, hak azazi anak, hak-hak dasar pendidikan, kesehatan dan perlindungan anak, sehingga dapat berkreatif dan berpartispasi dalam mengisi pembangunan.

"Indonesia dimasa akan datang di era melenial dan era IT berbasis sistem digital ini adalah masa depan kalian. Oleh sebab itu, persiapan anak menjadi generasi penerus bangsa, menjadi pemimpin umat, menjadi anak yang agamis, anak yang tangguh, anak yang unggul, cerdas dan sehat, menyongsong Indonesia di saat 100 tahun kemerdekaannya 2045 menjadi generasi emas, generasi yang punya daya saing dapat bersaing dengan bangsa-bangsa lainnya di dunia ini," sebutnya.

Kabupaten Siak, dikatakan Alfedri, bagaimana memberikan perlindungan pada anak sampai saat ini sudah dilakukan, baik melalui kelompok-kelompok bermain di PAUD, TK, ada sekolah ramah anak, puskesmas ramah anak, rumah ibadah ramah anak dan tentunya ada forum anak.

Dan inilah wadah ramah anak dan bagaimana pemerintah dapat melakukan pembinaan dan menyiapkan generasi yang baik.

"Tentu ini semua dapat dilakukan dengan kerjasama antara pemerintah dengan dunia usaha, masyarakat, para orangtua dan guru, tidak hanya pemerintah sendiri. Mari kita bersinergi dengan baik untuk menyiapkan anak yang hebat, anak Kabupaten Siak seperti dulu zaman Kerajaan Siak sudah ada pendidikan yang memadai dan mumpuni disaat itu," ucapnya.

Sementara, Bunda PAUD Kabupaten Siak Hj Rasidah Alfedri menyampaikan harapan dari semua pihak agar pemerintah dapat bekerjasama dan saling membantu dalam meningkatkan pembinaan dan pengembangan anak secara berkesinambungan.

Dimasa pandemi covid-19 ini, apapun kondisinya anak-anak harus tetap semangat belajar bermain dan beribadah bersama anggota keluarga di rumah.

"Kita menyadari bahwa saat ini anak-anak sangat merindukan belajar, bertemu dan bermain di sekolah, akan tetapi karena kondisi saat ini tidak memungkinkan anak-anak kita untuk melakukan aktifitas tersebut," kata Rasidah.

"Oleh karena itu, saya mengajak kepada segenap orangtua, mari memberikan pelajaran disiplin bagi anak-anak kita tentang menjaga kesehatan dan melindungi diri keluarga dan teman-temannya, karena disiplin inilah cara yang paling utama bagi kita agar terhindar dari covid-19," ujarnya.

Rasidah menambahkan, peringatan HAN Tahun 2021 ini mengusung tema "Anak Terlindungi Indonesia Maju" dengan tagline anak peduli dimasa pandemi, dimaknai sebagai kepedulian seluruh bangsa terhadap perlindungan anak Indonesia agar tumbuh dan berkembang secara optimal, dengan mendorong keluarga menjadi lembaga pertama dalam memberikan perlindungan kepada anak.

"Sehingga akan menghasilkan pengurus bangsa yang agamis, sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan cinta tanah air. Dan oleh itu, ayah bunda agar tetap bersemangat mendampingi anak belajar memberikan pendidikan dan asuhan yang baik kepada anak serta memberikan makanan yang sehat dan bergizi," imbuh Rasidah.

"Kemudian kepada pendidik harus tetap optimis dalam memberikan stimulus pendidikan kepada anak, walaupun dengan daring dan beberapa metode yang diperkenalkan," pungkasnya.(*)

Sumber
: Datariau.com