Selama Libur Asap, Omset Pedagang Keliling Turun

Bambang
427 view
Selama Libur Asap, Omset Pedagang Keliling Turun
Pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di sekitar SDN 94 Pekanbaru Jalan Kartama terlihat sepi, karena sebagian besar meliburkan diri ketika sekolah libur, beberapa waktu lalu

PEKANBARU, datariau.com - Diliburkannya peserta didik dari segala tingkatan selama memburuknya kualitas udara di Pekanbaru ternyata berimbas kepada pendapatan pedagang kaki lima (PKL) yang biasanya berjualan disekitar pagar sejumlah sekolah.    

Hal ini diungkapkan salah seorang penjual molen di depan SDN 094 Pekanbaru Indra. Ia juga mengungkapkan selama libur kebanyakan PKL lebih memilih meliburkan diri karena pelanggan sedang libur.  "Kalau yang lain libur juga, mereka tidak jualan kalau murid tidak sekolah," ucap Andra, Jumat (27/9/2019).

Andra mengatakan, baginya libur sekolah tidak berpengaruh pada penjualan molen. Pasalnya, meskipun berjualan di sekitar sekolah, target jual Indra bukan anak - anak sekolah melainkan pengguna jalan yang melintas di Jalan Kartama tersebut.

"Kalau saya tidak terpengaruh. Karena yang beli biasanya bukan anak sekolah, tapi orang - orang yang lewat di sini," pungkas Indra.

Sementara itu, pedagang lainnya bernama Toni mengaku, memilih tetap berjualan meskipun kebanyakan rekan - rekannya memilih libur. Ia menuturkan jika dagangannya bisa dibawa berkeliling. Sehingga ketika murid libur, ia mencari berkeliling menggunakan sepeda motor.

"Yang lain memang libur, karena ada yang tidak bisa dibawa keliling. Seperto di sini ada yang jualan telur gulung, memang susah kalau dibawa keliling," ujarnya.

Toni mengaku selama libur akibat asap penghasilan dari berjualan bakso kuah mengalami penurunan. "Kalau dihitung - hitung pasti turunlah. Ada sekitar 30 persen dari hari biasanya," pungkasnya.(bmb)

Penulis
: Bambang
Editor
: bambang