Alih Fungsi, Wisma Mitra Perawang Siak Diduga Tak Berizin Menjadi Tempat Esek-Esek

1.603 view
Alih Fungsi, Wisma Mitra Perawang Siak Diduga Tak Berizin Menjadi Tempat Esek-Esek
Foto: Hermansyah
Awak media saat menemui dan wawancara dengan seorang wanita penjaga Wisma Mitra Perawang.

SIAK, datariau.com - Wisma atau penginapan merupakan salah satu bangunan yang difungsikan oleh pengusaha penginapan menjadi tempat melepas penat sementara bagi pengunjung setelah seharian beraktifitas atau bekerja.

Tentu berbeda dengan aktifitas salah satu wisma yang diberi nama Wisma Mitra ini, wisma yang terletak di pusat Kota Industri Perawang Kelurahan Perawang Kecamatan Tualang ini, konon kabarnya merupakan bekas klinik yang di sulap menjadi tempat penginapan.

Menurut informasi yang beredar ditengah masyarakat, penginapan ini diduga digunakan oleh muda mudi berpasangan menghabiskan malam berduaan didalam kamar. 

Anehnya lagi, jika siang harinya terlihat tidak berpenghuni dan bila malam hari tiba kamar-kamar tersebut pun terisi penuh oleh para pengunjung yang menginap antara pukul 00.00 WIB (tengah malam).

"Ini bekas klinik, cuma ada 8 kamar, dan kamar mandi berada diluar. Syaratnya nginap disini tunjukan KTP, semalam disini 100 ribu," kata salah seorang wanita yang tidak memberitahukan identitasnya saat dijumpai sebelumnya beberapa waktu lalu.

Kala itu ditanya perihal izin wanita tersebut tidak dapat memperlihatkan dokumen resmi penginapan itu, justru malah menunjukan salah satu foto oknum anggota lengkap dengan seragamnya terpajang di dinding Wisma Mitra saat ini.

Berdasarkan peraturan yang ada, setiap pengusaha pariwisata atau jasa penyedia akomodasi pariwisata wajib untuk melakukan pendaftaran terkait dengan usaha pariwisata yang dilakukan guna mendapatkan TDUP atau Tanda Daftar Usaha Pariwisata dan Perizinan.

"Pemiliknya wisma ini Letkol bang, itu fotonya," sebut wanita itu menjawab anteng pertanyaan wartawan saat itu.

Jika lokasi penginapan yang tidak mengantongi izin resmi dari pemerintah setempat, maka dianjurkan segera untuk mengurusnya yang selanjutnya agar menghentikan operasi sementara penginapan tersebut.

Justru malah sebaliknya, Wisma Mitra di Kelurahan Perawang pun ini telah beroperasi berpuluh puluh tahun lamanya diduga tidak dapat memperlihatkan dokumen perizinan resmi saat ini.

Dari informasi masyarakat sekitar wisma ini menyebutkan bahwa penginapan Wisma Mitra terlihat sering keluar masuk muda- mudi (berpasangan) diduga bukan suami istri menginap di wisma tersebut, dan masuk pada pukul 23.00 WIB.

"Pada hari libur, dan malam minggu terlihat aktifitas muda mudi bukan pasangan sah keluar masuk dari wisma ini," sebut Polan bukan nama sebenarnya kepada wartawan pada Kamis (30/7/2020) lalu.

Menurutnya ramainya yang menginap disitu (Wisma Mitra) mungkin karena harganya penginapanya terbilang murah dan terjangkau 100 ribu-150 ribu/malam. Kabarnya Witra Mitra ini juga sudah lama beroperasi dan diduga tidak mengantongi izin resmi dari pemerintah.

"Dugaan saya gak ada izinnya pak, tetapi kenapa ya? Satpol PP tidak melakukan pengecekan legalitas penginapan itu, apa lagi terbilang bebasnya muda mudi bukan suami istri menginap di penginapan tersebut, disamping izin yang belum ada, kok bisa beroperasi? Bukankah tugas Satpol PP kecamatan dan Upika memantau hal ini," tukasnya.

Sementara itu awak media melihat pasangan bukan suami istri sambil tersipu malu mengatakan bahwa dia dan teman prianya menginap di Wisma Mitra tersebut hanya sementara waktu.

"Kami nginap sementara pak, saya bekerja sebagai anggota kontraktor di dalam, sedangkan ini adalah pacar saya, tapi saya mau nikah kok pak," kata pria yang tidak diketahui namanya itu sambil tersipu malu seperti dilansir nawacitapost kemaren.

Dari keterangan wanita penjaga wisma sebelumnya menyebutkan bahwa pemilik penginapan Mitra Wisma ini bernama Ade Septiani, dan dihubungi melalui sambungan kontak seluler dengan nomor tujuan 0823-913803xx, berulang kali tidak di angkat dan merespon panggilan meski saat dihubungi dalam keadaan aktif.

Camat Tualang Zalik Effendi SSos melalui Sekcam Tualang Ari Dermawan SIP dilansir nawacitapost melalui sambungan kontak seluler pribadinya, Sabtu (1/8/2020) mengatakan konsep dan investigasi terlebih dahulu di lapangan bersama dengan Satpol PP tentang perizinanya.

"Kita konsep dulu, dan melakukan investigasi ke lapangan bersama Satpol - PP tentang perizinannya kepada pihak manajeman Mitra Wisma, jika tidak memiliki izin kita akan lakukan penertiban," kata Ari.

Dalam hal ini, kata dia tentunya perlu kita konfirmasi  secepatnya dengan Satpol PP Kabupaten Siak, Dinas Pariwisata maupun Dinas Terpadu Satu Pintu terkait legalitas Mitra Wisma tersebut. "Secepatnya kita akan lakukan penertiban," ujarnya.

Masalah yang menginap di Mitra Wisma tersebut bukan suami istri yang sah, maka kita akan kordinasi dengan Satpol PP dan pihak-pihak terkait agar melakukan tindakan tegas terhadap pasangan yang buka suami istri ini nantinya.(Eman)

Penulis
: Hermansyah
Editor
: Redaksi
Sumber
: datariau.com
Tag:datariau