Advertorial Pemkab Meranti

Bupati Meranti HM Adil Ikuti Upacara Hari Pahlawan Bersama Presiden Secara Virtual

Samsul
341 view
Bupati Meranti HM Adil Ikuti Upacara Hari Pahlawan Bersama Presiden Secara Virtual

KEPULAUAN MERANTI, datariau.com - Terkendala cuaca, karena turun hujan deras di Selatpanjang, Upacara Hari Pahlawan tidak biosa dilaksanakan di lapangan, sehingga Bupati Meranti H Muhammad Adil SH bersama Forkompinda mengikuti upacara secara virtual bersama Presiden Jokowi di Halaman Istana RI, Rabu (10/11/2021).

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Ardiansyah, Kapolres Meranti AKBP Andi Yul, Wakil Bupati H Asmar, Sekda Meranti H Kamsol, Kakan Kemenag Sulman, Danramil 02, Danposal Selatpanjang, Ketua Bawaslu Syamsurizal, Kejaksaan Meranti Waluyo, Ketua KPU Hanafi, Forkompinda dan Pejabat di lingkungan Pemkab Meranti.

Memperingati Hari Pahlawan setiap tahun yang jatuh pada tanggal 10 November, adalah untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang untuk mengusir penjajah dari bumi Indonesia, puncaknya pada peristiwa heroik di Surabaya tahun 1945 banyak korban yang berjatuhan.

Hari Pahlawan sekiranya tidak hanya sekedar diingat setiap tanggal 10 November namun lebih dari pada itu bagaimana menanamkan nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi sekarang untuk mengisi kemerdekaan. Maksudnya setiap insan masyarakat Indonesia seyogianya memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk membangun negeri sesuai dengan potensi dan profesi masing-masing yang perlu terus dipertahankan oleh kita semua untuk mengenang para pahlawan. Hal ini sebagaimana tema Hari Pahlawan Tahun 2021 "Pahlawanku Sepanjang Masa".

Maksud dan tujuan memperingati Hari Pahlawan adalah untuk mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan dan pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan.membangun ingatan kolektif untuk kemudian menggerakkan kesadaran masyarakat agar mau meneladani dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari.

Merperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dengan dilandasi semangat dan nilai kepahlawanan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, meningkatkan rasa kecintaan serta kebangggaan sebagai bangsa dan negara Indonesia.

"Sehubungan dengan itu, peringatan hari Pahlawan tahun 2021 dimana kita masih diperhadapkan dengan situasi pandemi covid-19. Sekiranya janganlah menjadikan halangan untuk memperingati hari bersejarah ini, tetapi diharapkan dapat berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan makna," kata H Muhammad Adil SH.

Dilanjutkanya, makna menanamkan nilai-nilai kepahlawanan adalah merupakan aksi nyata kinerja dari anak bangsa seperti membangun menggerakkan kesadaran berbangsa, diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari seperti tolong-menolong sesama, gotong royong, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoaks, tidak melakukan perbuatan anarkis dan sebagainya.

Semangat kepahlawanan juga dapat ditunjukkan dengan cara meningkatkan prestasi, inovasi di berbagai bidang kehidupan dan memperkuat ketahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Mari kita jadikan Hari Pahlawan Tahun ini untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, dengan saling menghargai satu sama lain dan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa dengan bersama-sama menjadi Pahlawan Masa Kini yang dapat dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya dan dapat dibudayakan sepanjang masa, selalu bersemayam di hati sanubari kita semua, di bumi pertiwi," pungkas H Muhammad Adil SH. (adv/suwandi)