ASN dan Warga Antusias Ikut Vaksinasi, Ketua TP PKK Aceh Mengapresiasi

Ruslan
60 view
ASN dan Warga Antusias Ikut Vaksinasi, Ketua TP PKK Aceh Mengapresiasi
Foto: Dok. Humpro Setda Aceh
Ketua TP-PKK Aceh Dr.Ir.Dyah Erti Idawati, MT didampingi Kadis Kesehatan Aceh, dr.Hanif, memantau pelaksanaan vaksinasi massal Covid-19, di Gedung Banda Aceh Convention Hall, Selasa (8/6/2021). 

BANDA ACEH, datariau.com - Ketua TP PKK Aceh Dyah Erti Idawati, mengapresiasi antusiasme Aparatur Sipil Negara (ASN) serta warga yang terdiri atas pra lansia dan lansia serta petugas pelayan publik, yang mengikuti vaksinasi covid-19, yang diselenggarakan oleh Pemerintah Aceh, Selasa (8/6/2021). Kegiatan vaksinasi itu sendiri berlangsung sejak tanggal 3 Juni hingga 12 Juni mendatang di Banda Aceh Convention Hall.

Sebagaimana diketahui, vaksinasi adalah salah satu upaya membentuk kekebalan kelompok atau dikenal dengan herd immunity. Terbentuknya kekebalan kelompok diyakini mampu menekan atau melemahkan daya sebar virus covid-19.


Selaku Wakil Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Aceh, Dyah Erti meninjau pelaksanaan vaksinasi di Banda Aceh Convention Hall. “Alhamdulillah, antusiasme para ASN untuk mengikuti vaksinasi covid-19 sangat tinggi. Hal ini terlihat dari capaian jumlah yang telah divaksin yang melebihi dari target yang telah ditetapkan,” ujar Dyah.

Dalam kesempatan peninjauan itu, Dyah Erti kembali mengajak seluruh ASN untuk tidak mudah mempercayai berbagai hoax atau berita bohong terkait vaksinasi covid-19, yang disebarkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. “Kami mengajak seluruh ASN untuk mengikuti vaksinasi covid-19. Jangan mudah mempercayai berbagai hoax yang sengaja disebarkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Semakin banyak yang mengikuti vaksinasi, maka kekebalan kelompok akan segera terbentuk. Dengan demikian, Insya Allah, covid-19 akan lemah sehingga bisa kita cegah dan tekan penyebarannya,” imbau Dyah Erti.

Dalam kesempatan tersebut, Dyah Erti juga mengingatkan kepada masyarakat yang telah mendapatkan suntikan vaksin untuk tidak jumawa serta tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas. “Kepada yang sudah divaksin, jangan merasa bebas. Protokol kesehatan tetap harus dijalankan secara disiplin dalam setiap aktivitas,” imbuh Dyah Erti.

Dalam kunjungan tersebut, Wakil Ketua TP PKK Aceh turut didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Aceh dr Hanif dan Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh Rahmad Raden. Kegiatan vaksinasi berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan.

Tak lupa, Dyah Erti juga menyemangati para tenaga kesehatan yang sedang bertugas serta berdialog dengan sejumlah ASN yang baru saja menerima suntikan vaksin dari vaksinator.

Perkembangan Vaksinasi

Sementara itu, berdasarkan data dari Satgas Penanganan Covid-19 Aceh, hingga hari kelima pelaksanaan vaksinasi massal ini, jumlah ASN dan pra lansia serta lansia yang telah mendapatkan suntikan vaksin covid-19 mencapai 3.200 orang.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Muhammad Iswanto, Selasa malam, usai mendapatkan pembaharuan data dari Satgas Penanganan Covid-19 Aceh. “Alhamdulillah, antusiasme ASN cukup tinggi. Hingga hari kelima, jumlah yang sudah divaksin mencapai 3.200 orang,” ujar Iswanto.

Vaksinasi tersebut dilakukan oleh vaksinator dari instansi kesehatan Pemerintah Aceh yaitu petugas dari Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin (RSUDZA) dan petugas Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA). Selain itu juga ada petugas dari Rumah Sakit Kesehatan Kodam Iskandar Muda serta Rumah Sakit Bhayangkara Polda Aceh.

Selain ASN dan masyarakat, sejumlah petugas pelayanan publik, anggota Bhayangkari, guru, pra lansia dan lansia juga mendapatkan suntikan vaksin. “Dari total 757 orang yang divaksin hari ini, sebanyak 9 orang diantaranya menerima suntikan dosis kedua. Jika diakumulasi dengan jumlah kemarin, maka total orang yang sudah divaksin selama kegiatan ini berlangsung adalah sebanyak 3.200 orang,” imbuh Iswanto.

Karo Humpro menambahkan, vaksinasi massal ini merupakan inisiasi Forkopimda Aceh. Targetnya, seluruh petugas pelayanan publik yang bertugas di jajaran SKPA dan Sekretariat Daerah Aceh bisa disuntik. Selain itu, kegiatan ini juga menyasar pra lansia dan lansia. (mah)

Penulis
: Mahdi Andela
Editor
: Ruslan Efendi
Sumber
: Datariau.com