Dua Terduga Pembunuh Ibu dan Anak di Simpang Jernih Terancam Hukuman Mati

Admin
179 view
Dua Terduga Pembunuh Ibu dan Anak di Simpang Jernih Terancam Hukuman Mati

Aceh Timur, datariau.com - Dengan mengambil tempat di Mapolres, Polres Aceh Timur gelar rekontruksi kasus pembunuhan terhadap korban ibu dan anak yakni S (56) dan N (15) warga Dusun Pante, Gampong Simpang Jernih, Kecamatan Simpang Jernih, Aceh Timur, Rabu (10/3/2021).

Dalam pengamanan ketat pihak kepolisian, gelar rekontruksi pembunuhan yang berlangsung di Polres Aceh Timur dipimpin Kasat Reskrim AKP Dwi Arys Purwoko, dihadiri Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Aceh Timur dan disaksikan pihak keluarga korban.

Bersama kedua tersangka M dan R, polisi menggelar rekonstruksi dengan memperagakan sebanyak 24 adegan.

Dalam reka ulang itu korban diperankan oleh peran pengganti, diawali dengan pertemuan kedua tersangka untuk merencanakan pembunuhan terhadap korban, kemudian kedua tersangka memasuki kamar yang menjadi lokasi pembunuhan hingga tersangka melarikan diri.



Kendati polisi menghadirkan kedua tersangka, namun gelar rekonstruksi itu diperagakan oleh peran pengganti, sejauh mana kedua tersangka merencanakan pembunuhan ketika masuk ke kamar rumah korban hingga tersangka melarikan diri.

"Total ada 24 adegan, mulai dari kedua tersangka merencanakan pembunuhan, memasuki area TKP, sampai apa yang terjadi di dalam kamar dan selesai kejadian, selesai eksekusi, hingga meninggalkan lokasi kejadian," ungkap Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro melalui Kasat Reskrim Polres Aceh Timur Dwi Arys Purwoko.

Memasuki rekontruski adegan ke-11 hingga adegan ke-14 diketahui bagaimana tersangka M dan R menghabisi nyawa kedua korban temasuk tersangka M merudapaksa korban N yang saat itu masih dalam keadaan sekarat setelah dipukul oleh tersangka R.

"Jadi tujuan paling utama dari rekonstruksi ini adalah untuk mendapat gambaran yang jelas tentang terjadinya suatu tindak pidana tersebut dan untuk menguji kebenaran keterangan tersangka atau saksi yang ada, sehingga diketahui benar tidaknya tersangka melakukan tindak pidana seperti yang tertuang dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP).” jelas Kasat Reskrim Polres Aceh Timur AKP Dwi Arys Purwoko.

Usai menyelenggarakan rekonstruksi Kasat Reskrim juga menyebutkan, hasil rekontruksi sudah sesuai dengan BAP, visum dan keterangan saksi. Dengan demikian dalam waktu dekat berkas tersebut akan segera dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Aceh Timur.

Sebelumnya, S dan N ditemukan meninggal dunia pada Senin (15/2/2021) di dalam kamar rumahnya sebagai korban pembunuhan yang dilakukan tersangka tetangga korban sendiri berinisial R (46) dan M (37) hingga kedua pelaku berhasil ditangkap oleh Tim Gabungan Polres Aceh Timur. (esyar)

Penulis
: Edi Syarifuddin
Editor
: Riki
Sumber
: Datariau.com