Menikmati Indahnya Kota Lama Semarang, Serasa Berada di Negeri Belanda

Datariau.com
180 view
Menikmati Indahnya Kota Lama Semarang, Serasa Berada di Negeri Belanda
Kompasiana.com

DATARIAU.COM - Jika kita berkunjung ke suatu daerah pasti kita akan mencari landmark atau ciri khas kota tersebut. Salah satu ciri khas yang mudah dikenali adalah bangunan, tugu atau sejenisnya. Kawasan Kota Lama Semarang disebut juga Outstadt menjadi landmark Kota Semarang . Kawasan seluas 31 hektare sering juga disebut "Little Netherland". Karena disini banyak dijumpai bangunan-bangunan kuno gaya kolonialisme dengan ukuran jendela tinggi dan besar,bentuk atap, balkon sampai ruang bawah tanah khas bangunan Eropa tahun 1.700 an.



Seperti kota-kota yang dibangun pemerintah kolonial Belanda pada umumnya, pasti dibangun benteng sebagai pusat militer. Benteng ini hanya memiliki satu gerbang di sisi selatannya dan lima menara pengawas. Masing-masing menara diberi nama: Zeeland, Amsterdam, Utrecht, Raamsdonk dan Bunschoten. Tata kota yang dipersiapkan dengan matang dari pemukiman, benteng pertahanan, pusat ekonomi sampai transportasi membuat kota ini lengkap fasilitasnya.



Ada sekitar 50 bangunan Eropa yang masih terawat dengan baik dan dialihfungsikan untuk berbagai keperluan. Perkantoran, restoran, kedai kopi, galeri dan kegiatan ekonomi lainnya. Pembenahan infrastruktur masih dilakukan disana-sini untuk mendukung Kora Lama sebagai Heritage Tourism. Kini penampilan Kota Lama semakin nyaman dan mempesona.

Bangunan nan megah banyak dimanfaatkan masyarakat untuk foto dengan berbagai tema dan keperluan. Ada yang sekedar untuk menghiasi akun medsos, untuk pre wedding bahkan untuk berbagai keperluan bisnis seperti pembuatan kalender maupun media promosi. Berbagai perlengkapan penunjang foto sudah dipersiapkan oleh pengelola seperti perabot penunjang foto, sepeda, bunga dan yang lainnya.



Menikmati Kota Lama seperti menyusuri perkampungan Eropa. Kita tidak seperti di berada di Semarang tapi di Little Nederland. Jika kita ingin menikmati Kota Lama lebih detail dan tahu sejarahnya bisa menghubungi Duta Kota Lama (Duta Kola). Disini kita akan dijelaskan tentang hal ihwal yang ada di Kota Lama mulai dari sejarah, umur dan peruntukan bangunan dan semua hal yang ada disitu.



Festival Kota Lama juga menjadi event yang selalu ditunggu masyarakat. Berbagai kegiatan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Semarang. Terbukti kehadiran Kora Lama mampu mendongkrak kunjungan wisatawan, peningkatan okuvansi hotel, peningkatan penjualan oleh-oleh sehingga perekonomian semakin menggeliat. Lokasinya yang strategis yang mudah dijangkau dari dua stasiun besar kereta api Tawang dan Poncol, membuat kawasan ini selalu ramai.

Sumber: kompasiana.com

Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com