Mengenal Wisata Danau Meduyan di Kota Lama Inhu

Datariau.com
418 view
Mengenal Wisata Danau Meduyan di Kota Lama Inhu

DATARIAU.COM - Danau Meduyan merupakan danau yang didedikasikan untuk mengenang raja raja Indragiri yang dimakamkan tidak jauh dari wisata Danau Meduyan.

Danau ini sengaja dijadikan tempat wisata sekaligus tempat untuk mengenang tentang raja Indragiri.

Danau Meduyan merupakan salah satu objek wisata di Indragiri Hulu yang terletak di Desa Kota Lama, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu.

Letak objek wisata ini tak jauh dari Makam Raja-Raja Indragiri yang juga menjadi destinasi wisata di kabupaten tersebut.

Karena memiliki suasana yang bagus, rindang dan adem, danau ini sangat cocok untuk menjadi tempat menenangkan diri. Karena jauh dari hiruk-pikuk keramaian kota.

Danau Meduyan ini memiliki air yang jernih dengan bangunan gazebo berwarna kuning di bagian tepiannya.

Di sekeliling danau ini juga tumbuh pohon-pohon hijau yang cukup menyegarkan pemandangan mata.

Lokasinya yang berdekatan dengan makam Raja Narasinga II menjadikannya objek wisata yang cukup terkenal di Indragiri Hulu dan sekitarnya.

Meskipun tak sepopuler Danau Raja, saat ini pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu mulai serius mempromosikan danau ini dengan menaja berbagai even promosi festival di kawasan tersebut.

Setidaknya melalui festival yang digelar, masyarakat luas mengetahui dan mengenal potensi wisata yang ada di Kabupaten Inhu.

Warga yang berkunjung ke Danau Meduyan selain dapat menikmati alam di sekitar danau, juga dapat menikmati kereta air yang telah disediakan.

Bahkan pada umumnya, warga yang berkunjung lebih banyak bersantai bersama keluarga.

Ada tiga objek wisata yang dipromosikan dalam even ini. Komplek Makam Raja Indragiri, Danau Meduyan dan Danau Raja. Ketiganya merupakan objek sejarah dan kebudayaan serta wisata unggulan daerah.

Bersamaa dengan itu, warga setempat juga melaksanakan sejumlah lomba dalam rangka suksesi pelaksanaan pemilihan kepala desa.

Sehingga suasana di wisata Danau Meduyan lebih ramai dan menjadi perhatian pengunjung.

Apabila didesain dan direnovasi dengan lebih baik lagi, danau ini akan sangat menjanjikan mengundang banyak wisatawan hadir.

Perlu dilengkapi berbagai wahana permainan yang menarik di sekeliling danau, termasuk juga kebersihan lingkungannya.

Kawasan perairan juga perlu dibersihkan sehingga sepeda air bisa menjadi kendaraan menarik yang bisa dicoba para pengunjung.

Satu hal lagi soal kuliner. Indragiri Hulu memiliki banyak kuliner khas yang enak dan terkenal, destinasi wisata Danau Meduyan bisa menjadi salah satu lokasi untuk mempromosikannya.

Fasilitas seperti toilet, tempat shalat dan parkir juga perlu diatur dan disediakan sedemikian rupa agar para pengunjung nyaman dan bisa berlama-lama di lokasi Danau Meduyan.

Saat ada kesempatan berkunjung ke Rengat, tak ada salahnya singgah di Danau Meduyan.

Mengunjungi objek wisata Danau Meduyan bisa dilakukan melalui jalur transportasi darat.

Disarankan menggunakan kendaraan pribadi atau rental, karena jika kendaraan umum biasanya hanya akan sampai di tepian jalan raya saja.

Jika dari Kota Pekanbaru menuju Danau Meduyan memakan waktu kurang lebih 4 jam melalui perjalanan darat.

Perjalanan dilakukan menuju ke Simpang Desa Kota Lama, Kecamatan Rengat Barat. Lokasinya sebelum simpang empat tugu pating Pematang Reba, tepatnya di sebelah kiri.

Tapi belakangan orang nyaris tak ada yang mau datang ke lokasi wisata yang berdekatan dengan Situs Cagar Budaya Komplek Makam Raja Indragiri itu, lantaran kemunculan buaya yang menyerang manusia.

Untung saja kedua korban selamat lantaran hanya digigit di bagian tangan saat mencari ikan di perairan danau Meduyan.

Banyak warga yang melihat buaya itu sedang memangsa burung di tepi danau. Tentunya kondisi ini menakutkan wisatawan dan sangat mengancam keselamatan warga.

Buaya tersebut berhasil ditangkap warga. Predator tersebut memiliki panjang tubuh tiga meter lebih dengan jenis kelamin jantan.

Masyarakat selama ini selalu diusik oleh tiga ekor buaya yang berada di Danau Meduyan Kota Lama.

Ada yang berwarna putih, hitam dan coklat, sedangkan yang tertangkap adalah berwana hitam besar.

Ketakutan masyarakat diharapakan sedikit mereda, pasalnya sosok salah satu buaya di Wisata Danau Meduyan Desa Kota Lama Kecamatan Rengat Barat, Inhu yang sering meneror warga sekitar berhasil ditangkap dengan perangkap sederhana. (ril)

Penulis: Rizki Meliandi (Mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Riau)

Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com