Berawal dari Normalisasi, Pemkam Dosan Pusako Sulap Sungai Menjadi Destinasi Wisata Baru di Siak

Hermansyah
154 view
Berawal dari Normalisasi, Pemkam Dosan Pusako Sulap Sungai Menjadi Destinasi Wisata Baru di Siak
Asisten II Setda Siak Hendrisan resmikan destinasi wisata hijau Sei Penampo Kecik Khalifah Sulaiman di Dosan Pusako.

SIAK, datariau.com - Bupati Siak Drs H Alfedri MSi diwakilkan oleh Asisten II Setda Siak Hendrisan didampingi Anggota DPRD Siak Zulfaini Adrian beserta Kepala Dusun Dosan Zamri resmikan Taman Hijau Sei Penampo Kecik Khalifah Sulaiman di Kecamatan Pusako, Selasa (29/12/2020).

Peresmian taman hijau di Kecamatan Pusako, Kabupaten Siak, Riau tersebut, turut dihadiri Wakil Bupati Siak terpilih H Husni Merza BBA MM, mantan anggota DPRD Siak Sujarwo SM, Upika Pusako, Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa Dusun Pusako serta tokoh masyarakat Dusun Pusako.

Dalam sambutanya, Hendrisan apresiasi atas pembukaan Taman Hijau Sei Penampo Kecik Khalifah Sulaiman ini, apresiasi yang disampaikanya itu merupakan bentuk penghargaan atas upaya masyarakat Dusun Dosan dalam membangun destinasi wisata baru di Kabupaten Siak.

"Saya atasnama pribadi, dan mewakili Bapak Bupati Siak beserta Pemkab Siak mengapresiasi Bapak Zamri selaku Kepala Kampung, dan semua tokoh masyarakat Dusun Dosan yang berinisiasi secara bergotong royong membuka destinasi wisata baru yakni, Taman Hijau Sei Penampo Kecik Khalifah Sulaiman ini," ujarnya.

Dikatakan Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Siak itu, bahwa pentingnya peran pemerintahan di tingkat kampung dalam mendorong pembangunan kawasan wisata baru sebagai upaya bersama dalam membangun dalam meningkatan ekonomi masyarakat.

"Peran dari pemerintahan kampung sangat vital dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat di tingkat kampung itu sendiri. Apalagi dimasa pandemi saat ini," sebut dia.

"Maka dari itu, sangat dibutuhkan kreatifitas maupun inovasi serta terobosan baru dalam meningkatkan perekonomian masyarakat setempat salah satunya melalui destinasi wisata," jelasnya.

Hendrisan berharap, melalui destinasi wisata baru ini, masyarakat Dusun Dosan dapat memanfaatkan dengan sebaik baiknya guna meningkatkan pendapatan masyarakat setempat.

"Membangun destinasi wisata baru setidaknya mencakup tiga faktor, yakni Aksi yang berarti menampilkan pesona alam, kemudian Akses yang berarti terbangunnya akses transportasi, serta Amenisi atau fasilitas yang di tawarkan," tukas Hendrisan.

"Saya melihat prospek wisata hijau Khalifah Sulaiman ini sangat menjanjikan, dimana Aksi, Akses, dan Amenisi telah tersedia dengan baik, semoga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dalam meningkatkan perekonimian, seperti dengan memasarkan produk UMKM," harapnya.

Dalam kesempatan itupula, Hendrisan turut menyampaikan program dan kebijakan baru yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), salah satunya adalah program satu keluarga kurang mampu satu sarjana.

"Terkait RPJMD Siak setelah Pilkada 2020 ini usai, salah satu program satu keluarga kurang mampu satu sarjana. Maka dari itu, saya berharap penghulu bersama jajaranya segera mendata keluarga kurang mampu yang memiliki anak lulus SMA sederajat," pinta dia.

"Nantinya, Pemkab Siak akan membiayai kuliah hingga sarjana. Jadi, selain kita dapat meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pembangunan wisata juga mari kita berupaya bersama dalam meningkatkan SDM unggul hingga ke pelosok," pungkasnya.

Sementara Kepala Dusun Dosan Zamri mengatakan, terkait pembangunan kawasan wisata hijau ini sebenarnya bermula dari kegiatan normalisasi sungai kemudian timbul ide dan gagasan untuk membangun obyek wisata air sekaligus taman.

"Dapat saya sampaikan kepada bapak bahwasanya destinasi wisata sungai Penampo Kecik ini berawal dari kegiatan normalisasi sungai yang kami laksanakan bersama masyarakat, maka timbullah ide, dan gagasan bersama membangun obyek wisata air maupun taman ini," terang Zamri.

Zamri menyebutkan pembangunan destinasi wisata hijau ini juga dilaksanakan secara bergotong royong bersama masyarakat dengan mendapat dukungan perusahaan yakni PT Arara Abadi.

"Kurang lebih 1 bulan, kami bergotong royong membangun destinasi wisata hijau ini, dan Alhamdulillah PT Arara Abadi turut membantu sehingga pada hari ini dapat diresmikan Bapak Bupati melalui Asisten II Setda Siak," tukasnya.

Dijelaskan Zamri, obyek wisata baru yang dibangunya pun diberi nama Khalifah Sulaiman, menurutnya hal ini untuk mengenang Khalifah Sulaiman yang telah berjasa membangun Dusun Pusako ini.

"Kita beri nama Taman Hijau Sei Penampo Kecik Khalifah Sulaiman, karena beliau merupakan salah satu tokoh yang berjasa dalam pendirian Kampung Dosan ini," jelasnya.

Zamri berharap kepada Pemkab Siak untuk dapat mendukung peningkatan sarana prasarana yang nantinya dapat menjadikan Objek Wisata Hijau Sei Penampo Kecik Khalifah Sulaiman ini menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Siak.

Dimana pembangunan tempat wisata hijau ini sebagai komitmen Pemerintah Kampung Dosan dalam mendukung dua program Pemerintah Kabupaten Siak diantaranya, Program Siak Hijau dan Program Reaktivasi Pariwisata Domestik Kabupaten Siak.

"Kami berharap nantinya agar Bapak Asisten II dapat membantu kami dalam peningkatan sarana prasarana, sebab kami berencana membangun Balai Kesenian di kawasan ini," pinta Zamri.

"Dengan harapan agar wisata hijau Sei Penampo Kecik Khalifah Sulaiman ini dapat menjelma menjadi salah satu obyek pariwisata unggulan di Kabupaten Siak didukung kesenian daerah yang terdapat didalamnya," pungkasnya.(*)

Sumber
: Datariau.com
Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com