SMK Tri Erlangga Gelar UKK Mandiri TP 2020/2021

@ruslandatariau
57 view
SMK Tri Erlangga Gelar UKK Mandiri TP 2020/2021
Foto: Sella
Kepala sekolah SMK Tri Erlangga Rusmin Nuryadin saat meninjau pelaksanaan UKK.

BAGAN BATU, datariau.com - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tri Erlangga Kepenghuluan Kencana Kecamatan Balai Jaya menggelar Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) Mandiri tahun pelajaran (TP) 2020-2021.

UKK Mandiri tersebut dilaksanakan selama 4 hari dengan diikuti sebanyak 36 siswa yang terbagi dua sesi atau dua ruang dengan pengawasan eksternal dan internal.

Kepala Sekolah SMK Tri Erlangga Rusmin Nuryadin S.Pd.I kepada awak media, Rabu 6/4 mengatakan, UKK dilaksanakan secara mandiri dikarenakan SMK Tri Erlangga belum memilki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

" Meski belum memilki LSP namun, kami setiap tahun menjelang kelulusan siswa atau akhir tahun pelajaran kelas 12 rutin melaksanakan UKK Mandiri," ungkapnya.

Adapun tujuan UKK ini jelas Rusmin, adalah diantaranya untuk menimbulkan budaya kerja kepada siswa, mempersiapkan siswa agar dapat bekerja sesuai kompetensi yang dimiliki dan ini merupakan tujuan dari sekolah kejuruan.

"Alhamdulillah meski UKK mandiri, namun banyak siswa lulusan dari SMK Tri Erlangga yang diterima kerja di perusahaan- perusahaan lokal," katanya.

Dijelaskan Rusmin, Pelaksanaan UKK mandiri ini diawasi oleh pengawas eksternal dan internal dari Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI). Dimana untuk Pengawas ekternal diawasi oleh KUD Karya sawitri yang diwakili Jon Kenedy SE dan Amas Sagala S.Kom, sementara Pengawas Internal diawasi oleh Hendra Gunawan S.Kom (Kepala Kejuruan).

"UKK mandiri ini dilaksanakan selama 4 hari dimana 2 hari dilaksanakan kegiatan teori dan 2 hari kegiatan praktek," terangnya.

Rusmin mengaku, meski saat ini SMK Tri Erlangga belum memilki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) namun sarana dan prasarana sudah memadai dan tinggal menunggu sertifikasi Assesor dari BNSP.

"Kita terus berupaya dan Insya Allah dua tahun kedepan SMK Tri Erlangga memiliki ini sudah memiliki LSP sendiri," pungkasnya.(Sela).

Penulis
: Sella
Sumber
: Datariau.com