Mahasiswa Magang Antropologi Unimal Lestarikan Cerita Malin Kundang Lewat Wayang Kertas

Admin
179 view
Mahasiswa Magang Antropologi Unimal Lestarikan Cerita Malin Kundang Lewat Wayang Kertas

DATARIAU.COM - Mahasiswa Magang Antropologi Universitas Malikussaleh (Unimal) lestarikan cerita Malin Kundang lewat wayang kertas kepada anak-anak di Kelurahan Pekan Besitang, Kecamatan Besitang, Langkat, Kamis (24/12/2020).

Dimas Putra selaku Pelaksana Magang Antropologi berbasis proyek indenpenden, melaksanakan salah satu programnya yaitu mengenalkan sekaligus melestarikan cerita Malin Kundang kepada anak-anak Sekolah Dasar melalui media wayang kertas.

Selain itu juga dia memiliki beberapa cara lain seperti media poster/gambar, film ataupun memainkan drama. Tetapi media yang paling menarik adalah wayang yang merupakan kearifan orang Jawa.



Kegiatan ini diikuti sebanyak 17 orang peserta yang kesemuanya anak sekolah dasar kelas 4 sampai 6.

Program wayang kertas ini selain mempertunjukan wayang sebagai kearifan tetapi sebagai menumbuhkan kesadaran sejak dini tentang pentingnya melestarikan budaya sendiri.

“Untuk mengajar dan mempercepat pemahaman anak-anak perlu media kreatif, interaktif yang sekiranya menarik, contohnya wayang kertas ini,” ungkap Dimas.

Wayang kertas ini dibuat sangat sederhana, hanya dengan kertas berwarna yang dibentuk kartun tokoh cerita Malin Kundang, seperti Malin, Mande Rubayah (Ibu Malin), Putih (Adek Malin), dan Istrinya.



Kemudian belakang kertas itu ditempel dengan kardus dan untuk pegangan serta tangannya dipakaikan lidi.

Menurut Dimas, media teknologi dan informasi seperti TV, Handphone dan music sudah melunturkan percapakan dan cerita anak-anak tidak lagi berisi cerita rakyat tetapi lebih kepada kebarat-baratan.

“Malin Kundang mengajarkan bagaimana tidak durhaka pada orangtua terutama ibu, banyak anak-anak yang terakhir takut dikutuk jadi batu. Diharapkan apa yang sudah dilakukan pada kegiatan ini, dilanjutkan oleh mereka sebagai identitas dan pelajaran bagi mereka," pungkasnya. (ril)

Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com