Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNRI Gelar Webinar: Strategi Mempertahankan UMKM dan Tetap Produktif di Masa Pandemi

Datariau.com
283 view
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNRI Gelar Webinar: Strategi Mempertahankan UMKM dan Tetap Produktif di Masa Pandemi

DATARIAU.COM - Pada permulaan tahun 2020, pandemi virus corona merebak di seluruh penjuru dunia tak terkecuali Indonesia.

Infeksi yang diakibatkan oleh virus tersebut sangatlah berbahaya dan oleh sebab itu pemerintah menggencarkan protokol kesehatan kepada masyarakat agar resiko penularan virus tidak semakin membesar.

Aktivitas yang semestinya dilakukan dengan bertatap muka sekarang dialihkan menjadi tatap layar (online). Dampak yang diakibatkan oleh perubahan pola hidup ini sangatlah banyak dan salah satunya di bidang perekonomian ialah lapangan kerja terbatas.

Keterbatasan lapangan kerja bagi masyarakat mengharuskan adanya inovasi-inovasi baru dalam usaha melalui para wirausaha, terutama wirausaha muda yang menjadi calon penerus perkembangan.

Sebagai sebuah negara yang memiliki kepadatan penduduk yang sangat tinggi menjadikan persaingan dunia kerja semakin ketat.

Pada Selasa (1/12/2020) telah terlaksana kegiatan webinar nasional kewirausahaan yang di selenggarakan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Riau dengan tema "Strategi Mempertahankan UMKM dan Tetap Produktif di Masa Pandemi" webinar nasional kewirausahaan dengan topik pembahasan mengenai unsur-unsur strategi UMKM di masa pandemi dalam kewirausahaan.

Webinar nasional ini dibuka secara resmi oleh Kajur sekaligus Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Riau Dr Anuar Rasyid SSos MSi.

Kegiatan berlangsung mulai pukul 09.00 - 11.45 wib secara daring melalui media zoom. Webinar online kewirausahaan ini dihadiri 3 pemateri dengan latar belakang yang berbeda dan 215 peserta UMUM dari kalangan mahasiswa hingga maskayarakat umum.

Sekretaris panitia sekaligus mahasiswa Ilmu Komunikasi di acara event organizing, Mitrayani menyampaikan acara Webinar nasional mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Riau 2020 memiliki tujuan untuk memenuhi nilai tugas mahasiswa di mata kuliah Event Organizing A

Selain itu juga untuk meningkatkan pengetahuan akademik mahasiswa, menanamkan nilai-nilai kerjasama dalam tim dan jiwa kekeluargaan, membantu para UMKM untuk mencari strategi serta solusi agar tetap dapat bertahan dan produktif di masa pandemi, dan memperdalam wawasan tentang kewirausahaan melalui webinar kewirausahaan ini.



Materi pertama disampaikan Dr Ringgo Eldapi Yozani SIkom MIkom selaku Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Riau dengan tema "Straetgi Komunikasi Pemasaran Digital UMKM di Masa Pandemi. Materi kedua disampaikan Hamzah Izzulhaq selaku CEO Hamasah Corporation dengan tema "Motivasi dan Pengalaman Usaha sebagai Modal Pembelajaran.

Selanjutnya pada materi ketiga disampaikan Viviana Hanifa SP MSi selaku Bedum KAHMI Riau dan Dosen Universitas Muhammadiyah Riau dengan tema "Strategi yang dapat diterapkan oleh pelaku UMKM dalam mempertahankan usaha dimasa Pandemi.

"Acara webinar nasional ini mendapatkan respon yang baik, sehingga dikatakan sangat bagus dan keren," ujar dosen sekaligus pembimbing mata kuliah EO, Tutut Ismi Wahidar SIKom MIKom. (ril)

Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com