Cegah Kecanduan Game Online, Anak-anak Diajarkan Permainan Tradisional

Admin
209 view
Cegah Kecanduan Game Online, Anak-anak Diajarkan Permainan Tradisional

DATARIAU.COM - Dalam upaya pencegahan kecanduan game online pada anak, mahasiswa magang antropologi Universitas Malikussaleh melaksanakan permainan tradisional di Kelurahan Pekan Besitang, Kecamatan Besitang, Langkat, Sumut, Ahad (20/12/2020) lalu.

Pelaksanaan magang antropologi Unimal kali ini berbasis proyek indenpenden bertema Rumah Budaya, yang menjadikan pelaksananya adalah Dimas Putra.



Dalam programnya adalah dalam upaya pencegahan kecanduan game online pada anak yaitu permainan tradisional.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 10-15 orang anak sekolah dasar kelas 4 sampai 6 dalam dua bulan dan terkhusus permainan tradisional dilakukan setiap hari Ahad.



Permainan tradisional yang dimainkan antara lain congkak, engklek, patok lele, kelereng dan egrang dari tempurung kelapa.

Menurut Dimas, kegiatan ini selain mengurangi kecanduan tetapi juga berpotensi kepada perkembangan karakter anak mulai dari sisi biologis, sosial maupun psikologi. Anak akan memiliki sikap kerjasama yang tinggi, solidaritas, dan sportivitas.



“Dalam permainan tradisional terdapat nilai kebaikan dari sisi karakter yang berkembang. Oleh karena itu, permainan tradisional harus lebih sering dimainkan,” ungkap Dimas kepada datariau.com melalui rilis, Sabtu (26/12/2020).

Dari kegiatan yang telah dilakukan banyak orangtua peserta yang ikut senang melihatnya, karena anak-anak lebih aktif dan tidak hanya terpaku dirumah nonton TV atau Handphone.

“Dengan permainan ini setidaknya ada kebaikan, tidak handphone melulu yang dipegang. Akibat corona yang mengharuskan anak belajar lewat hape terkadang sampai mumet sendiri,” ungkap Bu Nur Asiyah, orangtua salahsatu peserta.

“Diharapkan anak-anak bisa melanjutkan apa yang sudah diajarkan dan dikenalkan, mulai cara pembuatan, cara bermain, kerjasama, tertib tanpa bermusuhan dan tentunya bangga memiliki budaya masing-masing,” tutupnya. (ril)

Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com