Pembangunan dan Pertumbuhan Perekonomian di Kota Bangkinang Kabupaten Kampar

Datariau.com
363 view
Pembangunan dan Pertumbuhan Perekonomian di Kota Bangkinang Kabupaten Kampar

DATARIAU.COM - Pembangunan adalah proses perubahan yang mencakup seluruh system sosial, seperti politik, ekonomi, infrastruktur, pertahanan, Pendidikan dan teknologi, kelembagaan, dan budaya. Ekonomi atau Perekonomian adalah serangkaian besar kegiatan produksi dan konsumsi yang saling terkait yang membantu dalam menentukan bagaimana sumber daya yang langka dialokasikan. Pertumbuhan Ekonomi dikatakan meningkat bila persentase kenaikan PDB pada suatu periode lebih besar dari periode sebelumnya. Sedangkan pembangunan ekonomi adalah proses yang bertujuan untuk menaikkan PDB suatu negara atau daerah dalam jangka Panjang, dimana PDB naik lebih besar dari pada tingkat pertumbuhan penduduk.

Pertumbuhan ekonomi adalah peingkatan kegiatan ekonomi masyarakat yang menyebabkan peningkatan jumlah produksi barang dan jasa disuatu negara pada periode tertentu. Pembangunan ekonomi adalah suatu proses kenaikan pendapatan total dan pendapatan perkapita dengan memperhitungkan adanya pertambahan penduduk dan disertai dengan perubahan fundamental dalam struktur ekonomi suatu negara dan pemerataan pendapatan bagi penduduk suatu negara.

Pembangunan sebagai suatu proses, artinya bahwapembangunan merupakan suatu tahap yang harus dijalani olehsetiap masyarakat atau bangsa. Sebagai contoh, manusia mulai lahir, tidak langsung menjadi dewasa, tetapi untuk menjadi dewasa harus melalui tahapan-tahapan pertumbuhan. Demikian pula, setiap bangsa harus menjalani tahap-tahap perkembangan untuk menuju kondisi yang adil, makmur, dan sejahtera. Dalam ekonomi suatu negara, pembangunan dan pertumbuhan ekonomi menjadi indikator penting yang harus diperhatikan.

Antara keduanya saling berhubungan dan memengaruhi satu sama lain. Pertumbuhan ekonomi dapat meningkat dengan adanya pembangunan ekonomi. Sedangkan pembangunan ekonomi dapat semakin lancar jika pertumbuhan ekonominya baik. Walau keduanya saling berkaitan, tetapi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi memiliki perbedaan.

Pembangunan ekonomi dikatakan sebagai sebuah proses kenaikan pada pendapatan total serta pendapatan per kapita. Pembangunan ekonomi ini mempertimbangkan pada pertambahan penduduk pada perubahan mendasar dalam struktur ekonomi di suatu negara da juga pada pemerataan pendapatan. Pembangunan ekonomi didukung dengan penggunaan teknologi, penanaman modal, peningkatan keterampilan, penambahan pengetahuan, serta kemampuan organisasi. Indonesia pun tentunya sudah menentukan tujuan dari pembangunan ekonomi pada jangka panjang serta pendek. Seluruhnya tentunya selaras pada dasar negara, konstitusi, serta undang-undang. Kita pun bisa melihatnya dengan indikator pembangunan ekonomi.

Pertumbuhan perekonomian di kabupaten Kampar, khususnya di Bangkinang kota mayoritas perekonomian mereka dari sawit dan karet. Tetapi di zaman sekarang harga sawit dan karet sangat menurun. Jadi penghasilan masyarakat bangkinanag sangat turun dengan drastis. Sedangkan harga sembako sangat tinggi dan tidak sebanding dengan penghasilan masyarakat.

Memasuki bulan Juni sejumlah barang kebutuhan pokok seperti cabai merah mengalami kenaikan dibandingkan pertengahan Mei 2022, harga cabai merah di Pasar Bangkinang kota Rp 120.000 per kilogram, harga sebelumnya hanya Rp 30-50 ribu per kilogram.
Kondisi yang sama terjadi pada bawang merah mencapai Rp 80.000 per kilogram, bawang putih Rp 50.000-60.000, tomat lokal Rp 15.000 per kilogram.

Kirim berita, hak jawab, laporan: 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)