Komisi IV Ingatkan DLHK Jangan Cari Kambing Hitam Jika Lelang Pengelola Sampah Pekanbaru Gagal Lagi

Datariau.com
187 view
Komisi IV Ingatkan DLHK Jangan Cari Kambing Hitam Jika Lelang Pengelola Sampah Pekanbaru Gagal Lagi

PEKANBARU, datariau.com - Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru Sigit Yuwono mengingatkan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru untuk tidak mencari kesalahan ke pihak lain jika pelelangan pengelolaan sampah kembali gagal.

"Seandainya lelang kembali gagal jangan saling menyalahkan, kita minta DLHK ada rencana A dan B. Rencana A itu sudah jelas gagal lelang, sekarang tetap juga mau lelang lagi. Kalau gagal lagi jangan nanti ada masalah lagi," ucap Sigit kepada wartawan, Kamis (28/1/2021).

Hal tersebut disampaikan oleh Sigit Yuwono setelah hearing bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pekanbaru pada hari Selasa (26/1/2021). Saat rapat, Komisi IV DPRD Pekanbaru menyarankan agar Pemko Pekanbaru melalui DLHK untuk melakukan swakelola sampah. Namun, rekomendasi dari Komisi IV DPRD Pekanbaru tersebut ditolak oleh DLHK Pekanbaru.

Jika gagal, Politisi Demokrat ini menegaskan Pemko Pekanbaru jangan memaksakan kehendaknya untuk mempihak ketigakan pengelolaan sampah di Pekanbaru.

"Sampai hari ini mungkin DLHK belum memasukan berkas untuk tayang di LPSE," tegasnya.

Sigit menyebut, DLHK harus memperhatikan nilai dari nominal yang sebelumnya. Hal tersebut karena jumlah bulan yang akan dikerjakan oleh pihak ketiga otomatis sudah berbeda.

"Tinggal sepuluh bulan, tentu harganya harus kurang. Jangan salahkan DPRD jika nanti lelang kembali gagal, karena DPRD sudah memberikan solusi. Sementara dari DLHK tidak ada solusi dan memaksakan pihak ketiga, mudah-mudahan lelang kedua berhasil," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala DLHK Kota Pekanbaru Agus Pramono mengatakan bahwa rekomendasi swakelola oleh Komisi IV tidaklah mudah diambil sepenuhnya.

"Lelang kita itu sudah masuk daftar program dan anggaran DLHK dan itu sudah diinput semuanya. Jadi, tidaklah gampang seperti membalikkan telapak tangan. Namun rekomendasi dari Komisi IV ini bisa saya konsultasikan dengan TAPBD untuk bagaimana prosesnya," ucapnya. (end)

Penulis
: Endi Dwi Setyo
Editor
: Riki
Sumber
: Datariau.com
Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com