Ketua DPRD Kampar Reses di Desa Sungai Pinang, Masyarakat Curhat Tentang Berbagai Hal

Admin
287 view
Ketua DPRD Kampar Reses di Desa Sungai Pinang, Masyarakat Curhat Tentang Berbagai Hal
Foto: Midas
Ketua DPRD Kampar Muhammad Faisal ST menggelar reses perdana tahun 2021, di Desa Sungai Pinang Kecamatan Tambang, yang diadakan di Aula Kantor Desa, dihadiri puluhan masyarakat, Kamis (1/4/2021).

TAMBANG, datariau.com - Ketua DPRD Kampar Muhammad Faisal ST menggelar reses perdana tahun 2021, di Desa Sungai Pinang Kecamatan Tambang, yang diadakan di Aula Kantor Desa, dihadiri puluhan masyarakat, Kamis (1/4/2021).

Dibuka langsung oleh Kepala Desa Sungai Pinang Rusman AMH, didampingi Sekretaris Desa Faleman yang juga memaparkan situasi Desa Sungai Pinang pada tahun 2021.

Dalam sambutannya Kepala Desa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua DPRD Kampar yang telah memilih Desa Sungai Pinang sebagai lokasi perdana pelaksanaan reses Ketua DPRD Kampar.



Lebih lanjut Kepala Desa juga menyampaikan rasa bangga karena Ketua DPRD Kampar Muhammad Faisal ST adalah warga yang lahir dan besar di Desa Sungai Pinang.

"Alhamdulillah Desa Sungai Pinang dari waktu ke waktu terus memperoleh kemajuan. Desa Sungai Pinang saat ini sudah diakui oleh Pemerintah Kabupaten Kampar sebagai Desa Maju dari sebelumnya sebagai Desa Swadaya," ungkapnya.



"Selain itu, Desa Sungai Pinang juga sudah menjadi desa binaan dan pilot projek untuk penilaian dari inspektorat dan RPJMD dari Dinas PMD Kabupaten Kampar. Tahun ini Dana Desa juga ada peningkatan dari Rp 778 juta saat ini sudah lebih Rp 1 miliar. Begitu juga PAD dari Rp 100 juta menjadi Rp 118 juta," terang Kades.

Ketua DPRD Kampar Muhammad Faisal ST dalam sambutannya menyampaikan, reses ini adalah reses pertama di Tahun 2021. Dan ini adalah desa pertama yang dikunjungi dari jadwal reses pada tahun ini dimulai pada tanggal 1-4 April 2021.

"Pada awal tahun 2020 kemaren sesuai dengan situasi Pandemi Covid-19 dan peraturan pemerintah, maka untuk kegiatan reses ditiadakan dan uang reses diserahkan ke pemerintah," terang Faisal.



Pada kesempatan itu juga, Politisi Partai Gerindra Kampar ini menyampaikan bahwa ada empat faktor yang wajib dilakukan oleh Pemerintah Desa disaat status desa mengalami kenaikan.

Yang pertama, pelayanan publik harus meningkat, karena disaat status desa naik, tentu pelayanan ke masyarakat harus lebih baik lagi, agar kenaikan status desa yang telah diakui pemerintah dapat menjadi contoh bagi desa lain.

Kedua adalah penanganan kemiskinan. Disaat status desa mengalami kenaikan, angka kemiskinan harus menurun. Jadi masyarakat Sungai Pinang bisa menikmati status desa yang naik kelas.

"Ketiga adalah penanganan sampah. Seperti kita ketahui bersama bahwa saat ini permasalahan penanganan sampah menjadi permasalahan serius. Untuk itu tingkatkan lah cara penanganan sampah dengan mengadakan TPA dan jika perlu dapat mengolah sampah menjadi hal yang bermanfaat," kata Ketua DPRD menyarankan.



Keempat, lanjut Muhammad Faisal, adalah peningkatan ekonomi masyarakat. Dimasa Pandemi Covid-19 ini hampir di seluruh wilayah mengalami dampak berupa anjloknya ekonomi masyarakat. Untuk itu, Pemerintah desa dibantu para pengusaha dan perusahaan tempatan hendaknya mempunyai strategi untuk mensejahterakan ekonomi masyarakat.

Pada kesempatan itu berbagai usulan dan aduan dari masyarakat Desa Sungai Pinang mulai dari permasalahan lingkungan yang selalu banjir, jalan yang rusak, listrik, dan banyak lagi disampaikan langsung ke pria yang memasuki periode ketiga sebagai Legislator Kampar ini.



Selain itu masyarakat juga berharap agar Ketua DPRD Kampar dapat memperjuangkan pembangunan pagar stadion yang ada di Desa Sungai Pinang dan juga gedung serbaguna yang nantinya bisa digunakan masyarakat untuk berbagai kegiatan. (das)

Penulis
: Mirdas Aditya
Editor
: Riki
Sumber
: Datariau.com
Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com