Jika Sampah Pekanbaru Swakelola Masyarakat, DPRD Nilai Lebih Efektif dan Hemat

Admin
120 view
Jika Sampah Pekanbaru Swakelola Masyarakat, DPRD Nilai Lebih Efektif dan Hemat

PEKANBARU, datariau.com - Ketua DPRD Kota Pekanbaru Hamdani MS SIP mendorong Pemerintah Kota Pekanbaru agar melibatkan masyarakat dalam swakelola pengelolaan sampah di Kota Pekanbaru.

"Sebetulnya ada cara yang lebih efektif dan efisien untuk masalah sampah ini, yaitu melibatkan masyarakat. Melalui RT/RW, LPM, Kelurahan dan Kecamatan. Sehingga kontrol dari Pemko Pekanbaru lebih mudah," kata Hamdani saat ditemui di ruangannya, Rabu (17/2/2021).

Hamdani mengatakan kebijakan swakelola oleh setiap kelurahan dan kecamatan dapat dengan mudah dikontrol oleh Pemko Pekanbaru. "Kalau Lurah dan Camat tidak mampu, ya tinggal evaluasi saja. Diganti, jadi itu lebih mudahkan," ujarnya.



Menurut Hamdani, pengelolaan sampah dengan melibatkan pihak kecamatan dan kelurahan dapat membuat pengeluaran keuangan Pemko Pekanbaru menjadi lebih hemat.

"Anggaplah, satu kecamatan itu anggarannya Rp 1 miliar. Pekanbaru ada 15 kecamatan, taruhlah kecamatan yang luas itu Rp 1,5 miliar maka pengeluaran anggaran sampah itu kan tidak sampai Rp 20 miliar. Jadi pengelolaan sampah menjadi lebih hemat," terangnya.

Dengan adanya efisiensi anggaran dalam mengelola sampah, Politisi PKS ini menyebut Pemko Pekanbaru bisa mengalihkan ke anggaran lainnya, seperti honor RT/RW, guru honorer, dan tunjangan kerja bagi pegawai negeri terbayar sepenuhnya tanpa ada pemotongan. (end)

Penulis
: Endi Dwi Setyo
Editor
: Riki
Sumber
: Datariau.com
Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com