DPRD Khawatir Sampah Pekanbaru Berdampak Buruk Terhadap Kesehatan Masyarakat

Datariau.com
122 view
DPRD Khawatir Sampah Pekanbaru Berdampak Buruk Terhadap Kesehatan Masyarakat
Ketua Komisi III DPRD Pekanbaru Yasser Hamidy.

PEKANBARU, datariau.com - Ketua Komisi III DPRD Pekanbaru Yasser Hamidy khawatir tumpukan sampah yang terjadi di Kota Pekanbaru .menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan masyarakat.

"Selain mengganggu kenyamanan masyarakat, sampah ini dikhawatirkan akan mengganggu kesehatan bagi masyarakat. Sebagai contoh, polusi sampah diketahui berdampak buruk yang menimbulkan berbagai macam penyakit seperti infeksi saluran pencernaan dan pernafasan," kata Yasser, Selasa (12/1/2021).

Sejak memasuki tahun 2021, Kota Pekanbaru mendapat sorotan terkait persoalan tumpukan sampah. Hal ini dikarenakan akibat berakhirnya proyek kerjasama Multiyears antara Pemerintah Kota Pekanbaru bersama perusahaan jasa pengangkutan sampah yakni PT Godang Tua Jaya (GTJ) dan PT Samhana Indah yang selama tiga tahun belakangan.

Persoalan tumpukan sampah ini tentu menimbulkan bau yang tidak sedap. Hal tersebut ditakutkan akan mengganggu kesehatan bagi masyarakat. Terlebih lagi tumpukan sampah yang berada di pasar-pasar membuat bau yang tak sedap dicium bagi penjual dan pembeli.

Menurut Politisi PKS ini, dampak buruk pencemaran lingkungan disebabkan karena adanya sampah yang menumpuk tanpa di buang ketempat yang selayaknya. Ditambah adanya binatang pembawa penyakit seperti lalat yang semakin banyak.

"Pengelolaan sampah yang baik menjadi salah satu kunci penting dalam menjaga kesehatan lingkungan mengingat pengelolaan sampah yang buruk akan berdampak pada kotornya lingkungan serta terjadinya polusi sampah yang tentu saja membawa banyak dampak buruk bagi manusia hingga lingkungan," pungkasnya. (end)

Penulis
: Endi Dwi Setyo
Editor
: Riki
Sumber
: Datariau.com
Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com