Bapenda Pekanbaru Diminta Bekerja Lebih Cerdas, Agar Target PAD Tercapai

Datariau.com
127 view
Bapenda Pekanbaru Diminta Bekerja Lebih Cerdas, Agar Target PAD Tercapai
Anggota Komisi II DPRD Kota Pekanbaru Munawar Syahputra.

PEKANBARU, datariau.com - Anggota Komisi II DPRD Kota Pekanbaru Munawar Syahputra mendorong Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru untuk mengoptimalkan dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Kami melihat masih banyak potensi-potensi PAD yang harus digali. Maka dari itu, mereka harus bekerja lebih cerdas. Jika Bapenda bersungguh-sungguh, saya yakin mereka mampu mencapai target yang ditentukan bahkan lebih," ucap Munawar, Selasa (12/1/2021).

Dengan dibukanya aktivitas ekonomi yang sempat lumpuh akibat pandemi Covid-19, berbagai pelaku bisnis mulai kembali menggeliat dan bangkit di saat fase new normal seperti saat ini.

Munawar meminta kepada Pemerintah Kota Pekanbaru dalam hal ini Bapenda Kota Pekanbaru untuk tidak lagi memberikan kelonggaran atau dispensasi kepada wajib pajak (WP) di Kota Pekanbaru. Ia juga meminta WP untuk taat membayar pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Selama tahun 2020 realisasi PAD Kota Pekanbaru dari 11 objek pajak yang dikelola Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pekanbaru hanya mencapai Rp539,2 miliar dari target sebesar Rp821 miliar.

Menurut Munawar, dari 11 objek pajak yang dikelola oleh Bapenda belum semuanya tergarap dengan maksimal. Diantaranya seperti pajak burung walet, pajak air bawah tanah, pajak mineral bukan logam, pajak hiburan dan beberapa objek pajak lainya yang perlu dimaksimalkan.

"Kami melihat masih banyak potensi-potensi yang harus digali. Salah satunya banyak Wajib Pajak (WP) yang tidak terdaftar. Jadi, mereka harus mendata ulang WP yang harus didaftar dan akan dijadikan objek pajak," terangnya.

Politisi NasDem ini berharap Bapenda dapat dapat memaksimalkan kinerja dengan mengajak para WP untuk turut ikut andil dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat melalui pajak yang dibayar.

"Bapenda harus benar-benar mengaplikasikan realisasi pajak ini sesuai tagline mereka. Ini harus dikerjai dengan sungguh-sungguh supaya masyarakat Kota Pekanbaru sejahtera dengan pajak yang terbayar tersebut," terangnya.

Agar target pendapatan sebesar Rp839 miliar dapat tercapai di tahun 2021, Munawar menyebut bahwa DPRD Pekanbaru siap bersinergi melakukan koordinasi bersama Bapenda dalam menggarap potensi PAD di Kota Pekanbaru.

"Kami (Komisi II) siap membantu Bapenda untuk mengetahui siapa-siapa saja Wajib Pajak (WP) yang membandel selama ini mungkin tidak mau membayar pajaknya. Nantinya kami minta datanya dan akan kami panggil WP tersebut," tegasnya. (end)

Penulis
: Endi Dwi Setyo
Editor
: Riki
Sumber
: Datariau.com
Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com