Antisipasi Terorisme, Ketua RT Diminta Data Warga Pendatang

Admin
133 view
Antisipasi Terorisme, Ketua RT Diminta Data Warga Pendatang
Anggota Komisi I DPRD Pekanbaru Ida Yulita Susanti SH MH.

PEKANBARU, datariau.com - Anggota Komisi I DPRD Pekanbaru Ida Yulita Susanti SH MH mengimbau kepada Ketua RT dan RW mendata secara lengkap jika ada warga pendatang baru. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi gerakan teroris.

"Salah satu mengantisipasi terorisme ini adalah dengan kita waspada terhadap para penduduk yang baru datang di lingkungan yaitu dengan meningkatkan keamanan RT RW di lingkungan setempat," kata Ida, Kamis (1/4/2021).

Karena beberapa hari terakhir, Indonesia dilanda serangan aksi terorisme. Seperti aksi pengeboman yang terjadi di Gereja Katedral Makassar dan aksi penembakan di Mabes Polri. Untuk mempersempit gerakan para terorisme diperlukan peran aktif Ketua RT dan RW mendata warganya agar jelas asal usul.

"Terutama kepada RT RW setempat. Setiap ada warga baru yang datang tolong dikroscek, apakah benar warga itu ada identitasnya dan segala macamnya. Jadi RT RW harus mengenali setiap warga yang baru datang atau yang sudah bermukim selama satu atau dua bulan yang tidak kita ketahui identitasnya itu harus dipertanyakan," jelasnya.

Selain itu, Srikandi Golkar ini juga meminta RT RW di lingkungan setempat untuk memperdayakan kembali Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI) atau semacam polisi masyarakat untuk meningkatkan keamanan.

"Kita harus bersama-sama mendukung Polisi untuk memberikan informasi kalau ada keanehan-keanehan yang terjadi di lingkungan kita. Misal, ada yang baru bermukim itu tidak bergaul dengan masyarakat atau memang tidak jelas identitasnya itu harus dikomunikasikan segera kepada pihak-pihak kepolisian yang berada di wilayah kita masing-masing," pungkas Ida. (end)

Penulis
: Endi Dwi Setyo
Editor
: Riki
Sumber
: Datariau.com
Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com