Waspada Gejala Orang Terinfeksi Virus Corona di Minggu Pertama

Midas
50 view
Waspada Gejala Orang Terinfeksi Virus Corona di Minggu Pertama
Foto Ilustrasi

KAMPAR Datariau.com - Setiap hari jumlah penderita Covid 19 di Kabupaten Kampar semakin melonjak, tentunya membuat Pemerintah harus terus berupaya dengan berbagai cara untuk mengatasinya.

Melalui sosialisasi ke masyarakat juga menjadi salah satu cara untuk membantu mengenali lebih jauh tentang virus berbahaya ini.

Seperti dilansir dari Alo Dokter yang ditinjau oleh dr. Meva Mareza, Covid-19 telah menelan banyak korban jiwa. Sebagai upaya penanggulangan penyebaran, penting sekali bagi kita untuk mengenali gejala infeksi virus Corona, terutama gejala awalnya di minggu pertama.

Covid-19 merupakan infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan manusia. Gejala yang disebabkan penyakit ini biasanya berawal dari gejala ringan. Setelah itu, gejala bisa membaik atau memberat, tergantung pada keadaan sistem imun tubuh penderita.


Oleh karena gejala yang muncul bisa bervariasi, kita perlu mengetahui apa saja gejala awal yang mungkin terjadi pada penyakit ini untuk meningkatkan kewaspadaan.

Beberapa Gejala Infeksi Virus Corona di Minggu Pertama

Gejala infeksi virus Corona bisa muncul dalam waktu 2"14 hari setelah terpapar virus Corona, tetapi kebanyakan penderita COVID-19 merasakan gejala setelah 11"12 hari.

Gejala yang terjadi di minggu pertama biasanya ringan. Berikut ini adalah gejala COVID-19 yang biasanya muncul di minggu pertama:


Demam ≥380 C

Kelelahan atau lemas

Batuk tidak berdahak

Pegal-pegal

Tidak nafsu makan

Hilangnya kemampuan mengecap rasa atau mencium

Karena sama-sama disebabkan oleh virus yang menyerang saluran pernapasan, gejala awal Covid-19 juga bisa mirip dengan flu biasa, yaitu pilek, hidung tersumbat, sakit kepala, dan sakit tenggorokan. Sesak napas bisa saja muncul di akhir minggu pertama, tetapi umumnya sesak napas mulai dirasakan mengganggu di minggu kedua.

Beberapa gejala awal lainnya yang mungkin dirasakan oleh penderita Covid-19 meliputi rasa tidak nyaman di perut, mual, dan diare, namun gejala ini tidak khas dan jarang terjadi.

Sesuai protokol kesehatan yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehatan Indonesia, ada 2 kriteria orang yang berisiko mengalami infeksi virus Corona, yaitu:

Pernah kontak dengan pasien positif COVID-19, yaitu berada dalam satu ruangan yang sama atau berjarak 1 meter dengan penderita, dalam 14 hari terakhir

Pernah berada di daerah endemis COVID-19, baik di dalam maupun di luar negeri, dalam 14 hari terakhir

Jika Anda memenuhi salah satu dari kriteria di atas dan mengalami gejala-gejala yang mengarah ke COVID-19, lakukan isolasi mandiri dan hubungi hotline COVID-19 di 119 Ext. 9 untuk mendapatkan arahan lebih lanjut. Hindari langsung memeriksakan diri ke rumah sakit karena justru bisa meningkatkan risiko Anda tertular atau menularkan virus ke banyak orang.

Editor
: Mirdas Aditya
Sumber
: Alo Dokter
Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com